Selasa, 07 Juni 2016

Prinsip Kerja Sensor Thermocouple || Prinsip Kerja Sensor Termokopel

Pada bahasan sebelumnya tentang Sensor Temperature, telah dijelaskan sedikit mengenai sensor Thermocouple atau dalam bahasa Indonesia penyebutannya menjadi Termokopel. Thermocouple berasal dari kata "Thermo" yang berarti Suhu dan "Couple" yang berarti sepasang. Sehingga secara sederhana dapat kita artikan Thermocouple sebagai sepasang kawat yang berbeda jenis yang apa bila kedua ujungnya dipanaskan maka akan terdapat beda potensial diantara keduanya.

Prinsip Kerja Sensor Thermocouple
Vertical Roller Mill

Namun sebenarnya bagaimana cara kerja atau prinsip kerja dari sensor Termokopel ini dalam mendeteksi perubahan suhu itu sendiri?

Berdasarkan sejarah, Pada Tahun 1821 Thomas Johann S, seorang Fisikawan Estonia menemukan sebuah konduktor yang apabila diberi panas maka akan menghasilkan energi listrik. Hal ini disebut sebagai ThermoElectric, yang nantinya menjadi cikal bakal dari prinsip kerja Thermocouple itu sendiri.

Sebagai simulasi, silakan perhatikan rangkaian sederhana dari Sensor Thermocouple berikut ini ;

Prinsip Kerja Thermocouple
Prinsip Kerja Thermocouple

Dari gambar diatas, dapat dijelaskan mengenai Prinsip Kerja Sensor Thermocouple || Prinsip Kerja Sensor Termokopel. Dimana ketika temperature antara titik pengukuran dan titik referensi sama, maka beda potensial diantara kedua konduktor tersebut adalah nol. 

Namun ketika pada titik pengukuran kita berikan sumber panas sehingga temperature berubah pada titik pengukuran, maka antara konduktor 1 dan konduktor 2 akan terjadi beda potensial yang besarnya sebanding dengan perubahan temperature yang terukur (Delta V = V1 - V2).

Beda potensial yang dihasilkan diantara kedua konduktor tersebut berkisar dalam range 1 mikrovolt hingga 70 mikrovolt. Dalam Dunia Industri, Nilai ini sudah dibuatkan dalam standar tertentu untuk type dan jenis konduktor yang digunakan. Sehingga akan terdapat jenis dan Ragam Sensor Thermocouple yang ada.

Type Thermocouple

Range Thermocouple berdasarkan Type

Keyword: Prinsip Kerja Sensor Thermocouple, Prinsip Kerja Sensor Termokopel, Prinsip Kerja Sensor, Prinsip kerja Thermocouple, Prinsip Kerja Termokopel, Prinsip Kerja, Thermocouple, Termokopel

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!