Selasa, 26 Agustus 2014

Menikmati Indahnya Indonesia Bersama Daihatsu Terios

AndiSuNesia.Com. Seakan ingin membuktikan jika Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, PT Astra Daihatsu Motor dengan bangga mempersembahkan beragam petualangan yang bertajuk Terios 7 Wonders. Pada sesi pertamanya di tahun 2013, 3 unit Daihatsu Terios HI-Grade type TX AT dan TX MT diajak berpetualang mengelilingi Sumatera mulai dari Lampung hingga ke Sabang. Mengusung tema Terios 7 Wonders: Sumatera Coffee Paradise, Terios Sahabat Petualang mengunjungi dan mengeksplorasi 7 lokasi popular akan kopinya di Sumatera.

Selanjutnya, Terios kembali menggelar sesi kedua di tahun 2013 dengan mengusung tema Terios 7 Wonders: Hidden Paradise. Lebih dari 3000-an Km dari Jakarta hingga ke Pulau Komodo, Daihatsu Terios teranyar “Discover The New Adventure” diajak berpetualang mengelilingi 7 tempat yang memiliki keindahan bak surga yang tersembunyi di Indonesia.

Daihatsu Terios Sahabat Petualang
Daihatsu Terios "Discover The New Adventure"
Pada kesempatan ini, AndiSuNesia.Com akan kembali mereview perjalanan Tim Terios 7 Wonders mengelilingi Indonesia dalam tajuk Terios 7 Wonders:Hidden Paradise mulai dari Desa Sawarna di pelosok Banten hingga ke Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Kita akan secara tidak langsung diajak Menikmati Indahnya Indonesia Bersama Daihatsu Terios dalam petualangannya bersama tim 7 Wonders.

Mengingat jarak tempuh yang relative sangat jauh – 3000 an Km dan memakan waktu hingga 2 minggu, Petualangan Tim Terios 7 Wonders dalam mengunjungi 7 Hidden Paradise ini membutuhkan persiapan yang sangat matang dalam segala aspek. 

Berbekal 7 unit Daihatsu Terios yang masih anyar dengan mesin 1495 CC 4 silinder DOHC VVTi dan bertenaga 109HP/6000 rpm dan torsi 145Nm/4400 rp, tampaknya sangat meringankan persiapan awal tim. Namun pengecekan perlu dilakukan seperti, sistem pengereman, kopling dan transmisi menjadi hal wajib. Selain itu juga peralatan tambahan seperti alat komunikasi, GPS dan roof box Thule juga tak luput dari perhatian tim dan panitia.

Daihatsu Terios 7 Wonders Hidden Paradise
Daihatsu Terios 7 Wonders Hidden Paradise

Desa Ramah Lingkungan -Sawarna- di Pelosok Banten

Lokasi pertama yang menjadi tujuan dari Tim Terios 7 Wonders kali ini adalah sebuah desa terpencil yang terletak di pelosok Banten, Desa Sawarna. 

Pesona dan keindahan Desa Sawarna Banten
Hidden Paradise 1: Desa Sawarna
Desa Sawarna merupakan sebuah desa wisata yang menerapkan sistem ramah lingkungan, tidak cukup banyak desa seperti ini di Indonesia. 

"Sebelumnya, Pelancong asal Mancanegara seperti dari Australia sering mampir ke Sawarna. Awal tahun 2000-an, baru turis lokal dan konsep desa wisata pun diperkenalkan ke publik." Tukas Ade, Penduduk asli Desa Sawarna.

Selain itu, Sawarna menyimpan begitu banyak kekayaan wisata alam lainnya seperti pantai dan goa. Pantai Tanjung Layar, dengan dua buah batu besar yang menyerupai layar yang berdiri kokoh di bibir pantai menjadi trandmark desa Sawarna.

Pantai Tanjung Layar Desa Sawarna Banten
Sunset di Pantai Tanjung Layar, Desa Sawarna
Untuk menuju ke lokasi ini yang berjarak lebih kurang 185 Km dari Jakarta, kita akan dihadapkan dengan medan yang berkelok-kelok dan menanjak khususnya di daerah Cikidang. Perlu mobil dengan kondisi yang cukup prima untuk menghadapinya, Daihatsu Terios cukup handal dan mumpuni untuk menaklukan jalur tersebut dengan tetap memberikan kenyaman bagi para penumpang.

Daihatsu Terios melewati jalanan berkelok menuju Sawarna
Salah satu rute menuju Desa Sawarna
Menikmati Indahnya Sunset di Desa Sawarna
Sunset di Desa Sawarna
Jadi, bagi teman-teman yang tinggal di Jakarta tak perlu jauh-jauh untuk menikmati indahnya matahari terbenam atau sekedar duduk-duduk menikmati semilir angin dan deburan ombak di pinggir pantai.
Datang dan berkunjunglah ke Desa Sawarna, Banten.

Karunia Tersembunyi dibalik Ganasnya Merapi

Setelah puas menjelajah keindahan alam di Desa Sawarna, Tim Terios 7 Wonders langsung meluncur mantap menuju ke Desa Kinahrejo. 

Keindahan di balik bencana Merapi
Hidden Paradise 2: Merapi
Desa Kinahrejo merupakan salah satu desa yang menjadi saksi bisu keganasan erupsi Gunung Merapi beberapa tahun silam. Desa Kinahrejo tempat tinggal sang juru kunci, Mbah Marijan luluh lantak akibat luapan lahar panas dari Gunung Merapi. 

Namun masyarakat yang tinggal disana, hingga kini tidak mau menyerah dnegan kondisi mereka. Dengan semangat mereka terus bangkit dan membangun lagi desa mereka. Sisa-sisa peninggalan bencana awan panas dari Gunung Merapi tersebut kini menjadi salah satu daya tarik tersendiri di Desa ini. 

Peninggalan Erupsi Merapi
Sisa-sisa hasil erupsi Gunung Merapi
Selain itu masih ada “Lava Tour” yang menjadi berkah tersendiri oleh masyarakat sekitar, sebuah lokasi wisata yang unik dan menarik.

Daihatsu Terios mencoba Lava Tour di Merapi
Lava Tour Merapi
Tim Terios 7 Wonders memanfaatkan kesempatan dalam kunjungan kali ini untuk menjajal performa mesin dari Daihatsu Terios. Jalanan berdebu dan rusak sisa hasil erupsi menjadi trek yang cukup menantang. 

Seakan menguji performa dan daya tahan (endurance) dari Daihatsu Terios, lereng-lereng di kaki Gunung merapi menjadi medan yang cocok untuk menjajal ketangguhannya secara langsung.

Menguji ketangguhan Daihatsu Terios di Merapi
Menjajal Lintasan di Merapi
Harmonisasi Alam di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru

Melanjutkan perjalanannya, Tim Terios 7 Wonders diajak melihat secara langsung kearifan lokal masyarakat tengger di kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur. 

Perjalanan kali ini tidak mudah, Performa Daihatsu Terios benar-benar harus diuji dengan beragam tantangan dari jalur perjalanan yang cukup ekstrim, tanjakan dan turunan. Namun dengan kondisinya yang sangat prima, rute-rute menantang tersebut dilibas dengan mudahnya oleh mesin bertenaga 109 HP.

Hidden Paradise 3: Tengger
Desa Ranupani menjadi tujuan tim terios 7 wonders untuk berlabuh, disanalah berdiam desa terakhir masyarakat tengger sebelum menuju ke jalur pendakian ke Gunung Semeru.

Gunung Semeru
Gunung Semeru
Sebuah desa yang bermukim masyarakat asli Jawa sejak zaman Majapahit dan tetap memegang teguh budaya tengger. Bahkan dalam sebuah legenda, kawasan ini dulu ditinggali oleh pasangan Roro Anteng dan Joko Tengger yang berkuasa disini.

Salah satu hal yang dipegang teguh tersebut adalah keberadaan pawonan (dapur) dalam tata ruang sebuah bangunan hunian masyarakat Tengger. Pawonan bagi masyarakat tengger tidak hanya berfungsi sebagai tempat memasak tetapi juga sebagai tempat makan, berkumpul dan menghangatkan diri serta tempat untuk menyambut tamu yang sudah dianggap sebagai keluarga.

Pawonan Masyarakat Tengger
Tim berkumpul di salah satu Pawon milik warga Tengger
Indahnya Ranupane
Ranupane

Pesona Afrika di Tanah Jawa, Taman Nasional Baluran

Seakan tak cukup puas menikmati indahnya surga-surga tersembunyi tersebut, Tim Terios 7 Wonders kembali menyambangi salah satu lokasi yang mendapatkan julukan Afrika dari Jawa, Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. 
Taman Nasional Baluran Afrikanya Jawa
Hidden Paradise 4: Baluran
Tidak perlu jauh-jauh pergi ke alam liar Afrika, pergi saja ke Taman Nasional Baluran. Sebuah kawasan seluas 25 hektar yang didominasi oleh padang savana yang luas dan didiami beragam satwa liar yang langka dan dilindungi.

Satwa Liar yang hidup di Taman Nasional Baluran
Satwa Liar yang hidup di Taman Nasional Baluran
Di Taman Nasional Baluran, masih banyak satwa liar yang hidup dengan bebasnya seperti Badak Jawa, Merak, Rusa, Landak dan masih banyak lagi. 

Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran
Sayangnya, akses jalan dari gerbang ke penginapan hingga 15 km rusak parah. Namun beruntung, Daihatsu Terios dibekali suspensi yang sangat baik dan mampu meredam dengan maksimal guncangan akibat melalui jalanan rusak tersebut.


Kearifan Lokal Suku Sasak, Lombok

Destinasi yang dipilih selanjutnya adalah sebuah desa yang didiami oleh suku Sasak, Desa Sade Rambitan di Lombok. Kearifan warga lokal, keunikan budaya dan keindahan alam yang luar biasa menjadi daya Tarik wisatawan.

Selamat Datang di Desa Sasak Lombok
Hidden Paradise 5: Desa Sasak
Desa ini merupakan sebuah desa kuno yang hanya terdiri dari 150 orang warga, terletak di daerah rambitan, kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah tidak jauh dari Mataram, Lombok.

Begitu sampai di desa ini, Tim Terios 7 Wonders langsung disambut dengan beragam tarian khas suku Sasak, salah satunya tarian Paresean. Sebuah tarian yang menunjukan ketangkasan para ksatria-nya sekaligus menjadi ajang seleksi untuk mereka yang ingin melaju ke medan perang di masa lalu.

Pesta Penyambutan Wisatawan
Pesta Penyambutan dari Suku Sasak
Tarian Perang Paresean Suku Sasak
Tarian Perang Paresean
Ada banyak hal unik yang mereka temui di desa Sade ini, mulai dari tradisi, bentuk bangunan tempat tinggal, dan peninggalan sejarah, seni dan budaya suku Sasak.

Uniknya Perkampungan Suku Sasak
Tim Keliling Desa Sade
Masjid
Sebuah Masjid di Desa Sade
Tak melepaskan kesempatan begitu saja di Lombok, tim Terios 7 Wonders juga menyempatkan diri untuk menyambangi Pink Beach. Namun, kondisi jalanan sepanjang 18 Km yang rusak parah dan berdebu menjadi tantangan dalam perjalanan ini. 

Dengan ketangguhannya, Daihatsu Terios dan para drivernya berhasil dengan sukses melewati tantangan ini dengan mudah dan sampai ke Pink Beach.



Sumbawa dan Uniknya Susu Kuda Liar

Lain Lombok lain juga Sumbawa. Negeri yang terkenal dengan susu kuda liarnya ini menjadi salah satu destinasi Daihatsu Terios 7 Wonders. 

Indahnya Sumbawa
Hidden Paradise 6: Sumbawa

Tiba di pulau Sumbawa, tim dibawa untuk menguji jalanan Sumbawa-Dompu. Bukan jalanan rusak, tapi jalanan beraspal mulus kualitas nomor satu. 

Lika liku jalanan dilalui dengan nyaman bersama Daihatsu Terios, perjalanan tim terasa jauh lebih nyaman. Apalagi, keindahan alam pulau Sumbawa ikut memanjakan mata peserta Terios 7 Wonders: Hidden Paradise kali ini.

Daihatsu Terios 7 wonders
Jalanan beraspal mulus

Tujuan tim Terios 7 Wonders di Sumbawa adalah untuk menikmati secara langsung susu kuda liar pulau Sumbawa yang terkenal itu. Kuda-kuda tersebut sebenarnya ada pemiliknya, tetapi mereka membebaskan kuda-kuda tersebut mencari makan dan berkembang biak di alam bebas, tidak di kandnagkan.
Seekor Kuda Liar di Alam Bebas Sumbawa
Seekor Kuda Liar di Alam Bebas Sumbawa
Beruntung, ketika tim datang dan berkunjung ke Sumbawa mendapatkan kesempatan untuk menikmati secara langsung susu segar yang diperah dari kuda-kuda liar tersebut. Untuk soal rasa, jauh lebih lembut dari susu sapi pada umumnya.

Susu Kuda Liar Asli Pulau Sumbawa
Memerah Susu Kuda Liar
Susu Kuda Liar Sumbawa, sebuah daya tarik wisatawan yang berkunjung kesana.


Pulau Sang Naga, Pulau Komodo

Menjadi destinasi terakhir dari perjalanan panjang Terios 7 Wonders : Hidden Paradise, Pulau Komodo menjadi saksi ketangguhan Daihatsu Terios. Dan hal istimewa lainnya, Daihatsu Terios menjadi yang pertama dan satu-satunya mobil yang berhasil berlabuh di Pulau Komodo.

Daihatsu Terios Berlabuh di Pulau Komodo
Hidden Paradise 7: Pulau Komodo
Dengan menggunakan sebuah kapal Phinisi Lafina dari Bone, Sulawesi Selatan Daihatsu Terios berlayar selama lebih kurang 4 jam dari Labuan Bajo, Flores menuju ke dermaga di Pulau Komodo. Pulau-pulau nan indah dalam gugusan kepulauan Nusa Tenggara Timur menjadi saksi bisu akan ketangguhan Daihatsu Terios yang telah menempuh perjalanan panjang 3012 km dari Jakarta untuk sampai ke Pulau Komodo.

Kapal Phinisi Lafina dari Bone Sulawesi Selatan
Kapal Phinisi Lafina yang membantu perjalanan Daihatsu Terios
Berhasil sampai di Pulau Komodo, tim Terios 7 Wonders tidak menyia-yiakan kesempatan ini untuk menikmati keeksotisan Pulau Komodo. Dengan ditemani oleh para ranger, tim diajak mengelilingi pulau Komodo dan melihat secara langsung hewan purba tersebut.

Tim 7 Wonders Hidden Paradise 2013
Tim 7 Wonders berpose sejenak di Pulau Komodo
Dragon Lizard Komodo
Komodo
Dengan sampainya Daihatsu Terios di Pulau Komodo, berkahir juga perhelatan Terios 7 Wonders: 7 Hidden Paradise kali ini.

Artikel ini diikut sertakan dalam lomba Terios 7 Wonders : Amazing Celebes Heritage .


Screenshoot Like dan Follow @DaihatsuInd dan @Viva_Log
Bukti Twet
Bukti Twet


Keyword: Daihatsu Terios, 7 Wonders, Hidden Paradise, Indahnya Indonesia

7 komentar:

  1. Reviewnya lengkap banget gan jd pengen punya mobil daihatsu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Gan.
      Klo mau mobilnya buruan aja datang ke Dealernya hehhehehe

      Hapus
  2. Keren reviewnya, kunjung balik ya

    BalasHapus
  3. Tinggal 6 Hari Lagi Berwisata Gratis ke Macau Plus iPhone 5: Tertarik? Ikuti lombanya. Ayo, ikuti lomba blog "Why Macau" di sini http://bit.ly/WhyMacau.

    Caranya cukup mudah, tuliskan keinginanmu untuk pergi ke Macau. Topik nya bisa tentang kuliner, objek wisata, kebudayaan, dan tempat populer di Macau. Sertakan foto atau video agar tulisanmu lebih menarik.

    Selengkapnya di sini http://bit.ly/WhyMacau

    BalasHapus
  4. Hellow admin blogger.

    Tinggal 6 Hari Lagi Berwisata Gratis ke Macau Plus iPhone 5c, loh.

    Tertarik? Ikuti lombanya. Ayo, ikuti lomba blog "Why Macau" di sini http://bit.ly/WhyMacau.

    Caranya cukup mudah, tuliskan keinginanmu untuk pergi ke Macau. Topik nya bisa tentang kuliner, objek wisata, kebudayaan, dan tempat populer di Macau. Sertakan foto atau video agar tulisanmu lebih menarik.

    Selengkapnya di sini http://bit.ly/WhyMacau

    Ditunggu yah, submit artikelnya
    Terimakasih :)

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!