Kamis, 24 Juli 2014

Candi Gedong Songo

Ini adalah catatan perjalanan kami ke Semarang untuk yang ke sekian kalinya. Kali ini, kami mendapatkan kesempatan untuk memenuhi undangan pernikahan dari rekan kami yang kebetulan diadakan di Semarang. Pernikahanya dilangsungkan pada tanggal 1 Maret 2014 dan Alhamdulillah berjalan dengan sangat lancar.

Mengingat kami sudah sampai di Semarang, sayang rasanya jika menyia-nyiakan kesempatan untuk tidak mengeksplorasi kekayaan pariwisata yang dimiliki oleh Semarang. Sebelumnya, saya sudah berkesempatan mengunjungi tempat-tempat menarik di Semarang seperti Lawang Sewu, Tugu Muda, Kawasan Kuliner Simpang Lima, Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Lama Semarang, Klenteng Sam Poo Kong, Pagoda Budhagaya dan Pusat Oleh-Oleh Pandanaran. Selain itu, kami juga menyempatkan diri untuk menikmati kuliner di toko Es Krim Oen yang merupakan salah satu dari 3 toko Es Krim Oen yang ada di Dunia dan salah satunya di Semarang.

Ternyata, Semarang masih menyimpan begitu banyak potensi wisata yang sangat sayang untuk dilewati jika kita berkesempatan hadir disini. Salah satunya adalah Cagar Budaya Candi Gedong Songo yang terletak di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Candi Gedong Songo merupakan warisan peninggalan budaya berupa bangunan yang terdiri dari sembilan buah candi dan tersebar diberbagai tempat dalam satu kawasan. Lokasinya sangat strategis karena terletak di lereng Gunung Ungaran. Karena letaknya di lereng Gunung, temperature di Kawasan Wisata Candi Gedong Songo ini cukup sejuk. Belum lagi ditambah dengan keasrian alamnya yang masih terbilang terjaga. Aroma pohon pinus sangat kental sepanjang perjalanan kami di Kawasan Cagar Budaya Candi Gedong Songo.

Tempat-Tempat Wisata Menarik di Semarang
Panorama Cagar Budaya Candi Gedong Songo

Untuk bisa sampai ke lokasi Wisata Candi Gedong Songo ini, kami menyewa sebuah angkot yang sempat kami temukan di Kota Lama, Semarang. Setelah negosiasi dan sepakat mengenai tarif , berangkatlah kami pada tanggal 2 Maret 2014 pada pukul 7 pagi menuju ke lokasi wisata tersebut. Cukup jauh ternyata. Berdasakan informasi, jarak tempuh Cagar Budaya Candi Gedong Songo ini dari Kota Semarang adalah sekitar 45 KM. Dan ketika sampai di lokasi, rasanya terbayarkan.

Di lokasi yang sama juga akan kita temui banyak petugas yang menawarkan jasa penyewaan kuda. Di dalam kawasan ini juga terdapat banyak tempat makan dan umumnya mereka menyajikan, Sate Kelinci. (>.<, ). Selain itu juga, kita akan menemui beragam aktivitas outbound yang diadakan dalam kawasan cagar budaya Candi gedong Songo. Dan yang paling menarik adalah sumber mata air panas yang mengandung belerang dan baik untuk kesehatan kulit.

Kawasan Wisata Candi Gedong Songo
Sumber Air Panas
Namun sayang, kondisi cuaca sedang tidak bersahabat sehingga kami harus pulang lebih awal dari Kawasan Wisata Candi Gedong Songo, Semarang.

2 komentar:

  1. yaaah, kok foto candinya malah ga ada Bang? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Yah. Nanti akan saya coba tambahakan dengan foto-foto candinya.

      >.< Sebenarnya di foto pertama itu ada kan, tapi kejauhan ambilnya. Hehhehehe

      Hapus

Need Your Comments, Please !!!