Senin, 24 Juni 2013

Instalasi Jaringan Listrik dan Penerangan



Andiero. Beberapa waktu yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang Instalasi jaringan listrik dan Penerangan. Sebagai tempat praktikum, kami menggunakan sebuah saung yang memiliki ukuran yang relative besar, 12 x 12 meter. 
Instalasi Jaringan LIstrik dan Penerangan
Saung Tempat Kami Praktek
Setelah dilakukan perhitungan, mulailah kami merancang sebuah InstalasiJaringan Listrik dan Instalasi Penerangan yang akan kami terapkan di Saung tersebut.
Instalasi Jaringan Listrik dan Instalasi Penerangan
Perancangan Instalasi Jaringan Listrik dan Instalasi Penerangan
Saung ini memiliki tembat terbuka yang cukup luas, membutuhkan penerangan yang cukup dan juga butuh beberapa terminal listrik karena mengingat fungsinya nanti sebagai tempat serba guna untuk berbagai pertemuan seperti meeting dan sebagainya. Sumber listrik yang kami gunakan adalah sumber listrik 3 phasa, jadi kami memilki inisiatif untuk memberikan masing-masing 1 fasa untuk Penerangan 1 Fasa dan Untuk Instalasi Listrik 1 fasa. Kurang lebih adalah sebagai berikut;
Instalasi Jaringan Listrik
Perancangan Instalasi Jaringan Listrik
Nah berdasarkan rancangan tersebut, kami mempertimbangkan kebutuhan komponen listrik apa saja yang akan kami butuhkan untuk menyelesaika tugas kami memsang instalasi jaringan listrik dan penerangan di saung tersebut. Kebutuhan Komponen untuk Instalasi Jaringan Listrik tersebut adalah sebagai berikut;
 
Kabel NYM 3 x 2,5 mm                     Secukupnya
Kabel NYM 2 x 2,5 mm                     Secukupnya
Receptacle/Stop Kontak Multi           4 Buah
Saklar Out Bow Tunggal                    8 Buah
Fitting Lampu Gantung                      12 Buah
T-Dos                                                  10 Buah
Clamp Cable 9 mm                             10 Bungkus
MCB 10 Ampere                                2 Buah
Lampu Philips 23 W,E27,220 V         12 Buah


Keterangan untuk masing-masing komponen tersebut adalah sebagai berikut:
Kabel NYM adalah Jenis Kabel yang memiliki inti lebih dari 1 biasanya 2, 3 ataupun 4, memiliki isolasi dua lapis yang terdiri dari lapisan luar (Isolasi PVC) dan isolasi lainnya dibagian dalam. Selain Tipe Kabel NYM ada juga tipe Kabel NYA (Jenis kabel dengan inti tunggal) dan NYY (Jenis kabel dengan inti lebih dari 1 dan dapat ditanam).
Instalasi Jaringan Listrik dan Penerangan
Kabel NYM 3 Core
Fitting Lampu atau dudukan lampu adalah komponen yang digunakan untuk menempatkan lampu secara aman. Dalam Instalasi Penerangan yang kami lakukan kami menggunakan fitting lampu tipe gantung dikarenakan cocok dengan kondisi saung yang menggunakan bamboo sebagai pondasinya.

Instalasi Jaringan Listrik dan Penerangan
Fitting Lampu
Receptacle atau stop kontak merupakan terminal listrik yang digunakan sebagai sumber listrik untuk peralatan listrik lainnya yang memiliki kontak tanam seperti charger, kipas angin dan sebagainya yang membutuhkan sumber listrik.

Instalasi Jaringan Listrik dan Penerangan
Stop Kontak
Saklar adalah komponen listrik yang digunakan untuk memutus dan menyambungkan arus listrik. Jenisnya ada bermacam-macam dan yang kami gunakan adalah Saklar tipe Kontak, Out Bow (Jenis Saklar untuk ditempelkan di dinding), Majemuk (lebih dari 1 Saklar).

Instalasi Jaringan Listrik dan Penerangan
Saklar Listrik
MCB (Miniatur Circuit Breaker) merupakan alat pemutus jaringan listrik yang disebabkan oleh arus lebih.

Instalasi Jaringan Listrik dan Penerangan
MCB
T-Dos adalah komponen instalasi jaringan listrik yang berfungsi sebagai rumah/tempat sambungan kabel.

Instalasi Jaringan Listrik dan Penerangan
T-Dos


0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!