Rabu, 22 Mei 2013

Sensor Proximity di Smartphone

Munculnya HP-HP cerdas (Smartphone) saat ini tentunya didukung oleh perkembangan teknologi yang terus bergerak maju dengan cepatnya sehingga produk-produk ponsel seluler mengalami metamorfosis menjadi sebuah peralatan yang multifungsi dan canggih. Tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk bertelepon atau sekedar mengirim pesan, tetapi lebih dari itu.

Penggunaan beragam komponen dipasang dan dibenamkan di Gadget tersebut untuk mendukung kinerja Smartphone agar tampak semakin canggih dan powerfull seperti WIFI, GPS, dan Beragam sensor lainnya. Nah pada kesmepatan kali ini, Andiero akan embahas tentang salah satu sensor yang terdapat di Smartphone yang ada saat ini, Sensor Proximity. Yap, ternyata disebuah smartphone yang canggih terdapat sebuah sensor yang multifungsi tetapi sangat jarang diketahui oleh kebanyakan orang termasuk saya sendiri masih sangat awam dengan Sensor.

Sebelumnya mungkin teman-teman yang sedang mencari Fungsi Sensor Proximity di HP Android atau Smartphone lainnya mungkin bisa membaca artikel yang dulu sempat saya buat tentang "Rangkaian Proximity Tanpa Komparator" dan "Rangkaian Proximity Dengan Komparator". 

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Sensor Proximity di Smartphone beserta fungsinya yang saya ketahui. Smartphone yang saya contohkan adalah Samsung Galaxy Young yang saya punya.

Gambar. samsung Galaxy Young[1]




Posisi sensor ini terletak dibagian atas Hp Samsung Galaxy Young yang bisa teman-teman lihat di bagian atas. Lihat terdapat dua buah lingkaran kecil pada sisi atas bagian kanan dari HP samsung Galaxy Young. Yap itulah sensor proximity yang saya maksud.

Sensor Proximity sebenarnya adalah sensor jarak yang berfungsi mendeteksi benda yang berada didekatnya tanpa ada kontak fisik[2]. Nah, di Smartphone sebenanrny fungsinya sama saja yaitu mendeteksi objek yang berada didekatnya. Jadi pada saat User Menerima Panggilan dan mendekatkan HP mereka ke arah telinga, maka sensor Proximity ini akan mendeteksi objek yang dimasud dan akan aktif. Ketika Objek terdeteksi didekat Sensor Proximity, maka layar dari smartphone akan dimatikan dan begitu juga fungsi dari Layar sentuh (Touch screen) akan ikut dimatikan.

Untuk mencoba fungsi dari Sensor Proximity ini di HP Android anda, silakan anda coba mengetikan *#*#0588#*#* .

Ok, Itu saja. Hehheheehhe.

Lihat juga artikel berikut ini!!!. Aplikasi Rangkaian Sensor Infrared/ Rangkaian Sensor Proximity

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!