Kamis, 09 Mei 2013

Peralatan Utama pada Industri Semen || Mesin-Mesin Pabrik

Hampir setahun Andiero di Training di Pabrik Semen Kupang 2, banyak ilmu dan mamfaat yang didapatkan dan dirasakan selama menjalani training disana. Meskipun sedikit semoga ilmu yang didapatkan bermamfaat. Nah dalam rangka mendapatkan ilmu yang bermamfaat tersebut, tidak ada salahnya jika pada kesempatan kali ini, Andiero membagi sedikit hal yang telah dipelajari selama training ini. 

Pada kesempatan kali ini, Andiero akan memperkenalkan peralatan-peralatan utama yang digunakan di Industri Semen. Peralatan ini pada umumnya hampir digunakan diseluruh pabrik semen di Indonesia bahkan dunia. Karena pada dasarnya proses produksi bahan mentah (Raw Material) menjadi semen itu sama hampir disemua pabrik, yang membedakannya mungkin hanya teknik pengolahan bahan korektif dan bahan adiktifnya saja.

Berikut ini adalah Beberapa Peralatan Utama yang digunakan pada Industri Semen (Mesin-Mesin Industri yang terdapat pada Industri Semen):

Crusher
Crusher merupakan peralatan yang digunakan untuk menghancurkan material menjadi ukuran yang lebih kecil. Di Industri Semen, Crusher berfungsi sebagai pregrinding raw material sebelum masuk ke area produksi. Jenis-jenis crusher yang terdapat di Industri Semen ada bermacam-macam seperti Hammer Crusher, Roller Crusher, Jaw Crusher dan lainnya. Untuk Jenis Crusher yang digunakan di Pabrik Semen Kupang 2 ada dua macam yaitu Hammer Crusher dan Double Roller Crusher. Hammer Crusher digunakan untuk menggiling Limestone sedangkan Double Roller Crusher digunakan untuk menggiling Clay.

Hammer Crusher
Gambar. Hammer Crusher

Double Roller Crusher

Gambar. Double Roller Crusher

Stacker dan Reclaimer
Raw material yang berasal dari Tambang atau dari luar area produksi memiliki kualitas yang berbeda-beda sehingga perlu melalui proses pencampuran sehingga memiliki kualitas yang sama rata dan sesuai dengan target kualitas yang diinginkan. Proses ini dinamakan Preblending atau PreHomogenisasi. Peralatan yang digunakan adalah Stacker dan Reclaimer. Jenis-jenisnya pun bermacam-macam. Di Pabrik Semen Kupang 2, tipe stacking yang digunakan adalah jenis Pit Stock dan untuk Reclaimernya adalah jenis Bucket Excavator.

Stacker
Gambar. Stacker

Bucket Excavator

Gambar. Reclaimer tipe Bucket Excavator

Raw Mill
Raw Mill merupakan peralatan yang digunakan untuk menghaluskan raw material menjadi butiran halus hingga berukuran partikel (micron) yang disebut Raw Meal. Selain untuk menghaluskan, Raw Mill juga berfungsi untuk mengeringkan material sehingga proses pembakaran nanti di Kiln akan lebih baik. Dalam proses penggilingan melalui Raw Mill, kualitas produk yang dihasilkan juga harus sesuai dengan target kualitas yang diinginkan untuk proses produksi.
Raw Mill pada umumnya terdiri dari dua jenis yaitu Horizontal Mill (Tube Mill) dan Vertical Raw Mill (VRM). Dan di era modern seperti ini, Teknologi penggilingan raw material pada umumnya menggunakan VRM karena selain mudah dalam pengoperasian dan maintenance, VRM juga lebih efisien dan hemat energy.
Di Pabrik Semen Kupang 2, Jenis Raw Mill yang digunakan adalah Tipe Vertical Roller Mill keluaran FLS, ATOX.

Vertical Roller Mill Atox Mill
Gambar. VRM Merk FLS Tipe Atox Mill

Kiln
Kiln atau tanur merupakan peralatan yang digunakan untuk proses pembakaran Raw Meal menjadi terak semen Portland (klinker), lihat lagi materi sebelumnya tentang Proses Pembuatan Semen. Namun sebelum material masuk ke Kiln, Material terlebih dahulu mengalami pemanasan awal di Preheater (Untuk Kiln jenis Rotary).
Kiln di Cement Industry terdiri dari dua jenis yaitu Kiln Berdiri dan Kiln Berputar (Rotary Kiln). Dan saat ini yang paling banyak digunakan adalah jenis Rotary Kiln.
Untuk Tanur Tegak (Kiln Berdiri) ditemukan di Pabrik Semen Kupang I, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Saat Andiero di Training di PT. Semen Kupang (Persero), SK I saat itu menggunakan Tanur Berdiri. Namun saat ini SK I sudah tidak beroperasi lagi.
Sedangkan untuk Pabrik Semen Kupang 2 sudah menggunakan jenis Rotary Kiln dengan kapasitas 1000 Tpd Klinker (yang terkecil di Indonesia saat ini).
Gambar dibawah ini menunjukan proses pemasangan refractory (batu tahan api) kiln yang baru saat proses overhaul berlangsung.

Maintenance Kiln
Gambar. Proses Pemasangan Refractory Kiln yang baru

Cooler
Cooler adalah peralatan yang digunakan untuk mendinginkan material klinker setelah keluar dari kiln sebelum masuk ke tempat penyimpanan. Di Pabrik Semen Kupang 2, tipe Cooler yang digunakan adalah Grate Cooler. Gambar berikut ini menunjukan bagian dalam dari Grate cooler. Andiero mendapatkan kesempatan untuk mendokumentasikannya dan masuk kedalam grate cooler saat proses maintenance berlangsung.

Grate Cooler
Gambar. Bagian dalam dari Grate Cooler

Cement Mill
Cement Mill merupakan peralatan yang digunakan untuk menggiling Klinker (Terak Semen Portland) bersama dengan material lainnya seperti Gypsum, Trash, Ash, Pozzoland, Limestone dan sebagainya sehingga menjadi produk akhir dari Semen yang bisa kita gunakan sehari-hari. Untuk jenisnya sama seperti Raw Mill, ada jenis Horizontal Mill (Tube Mill) dan juga ada jenis Vertikal Roller Mill. Di Pabrik Semen Kupang 2 digunakan jenis Tube Mill.

Tube Mill
Gambar. Cement Mill

Packer
Packer adalah peralatan yang digunakan untuk packing produk semen sebelum dilepas ke pasaran. Pada umumnya mesin packer melakukan packing dalam bentuk Bag-bag semen yang dijual per Sak di pasaran. Karena selain dalam bentuk Bag, semen juga ada yang dipasarkan dalam bentuk Curah.
Di Pabrik Semen Kupang 2 terdapat dua buah mesin packer dengan pabrikan yang berbeda yaitu Haver dan Ventomatic dari FLS.
Mesin Packer
Gambar. Mesin Packer Merk Haver

Mesin Packer

Gambar. Mesin Packer Merk FLS tipe Ventomatic

Coal Mill
Coal Mill merupakan peralatan yang digunakan untuk menggiling Coal (Batu Bara) sehingga didapatkan material batu bara yang berukuran partikel sebelum digunakan untuk bahan bakar di Kiln dan Calciner.
Jenis Coal Mill juga sama seperti Raw Mill dan Cement Mill, ada yang tipe Horizontal Mill dan ada yang tipe Verticak Roller Mill. Dan yang digunakan di Pabrik Semen Kupang 2 adalah jenis Tube Mill.

Tube Mill
Gambar. Coal Mill

Pada kesempatan selanjutnya akan saya bahas tentang peralatan instrumentasi apa saja yang terdapat pada mesin-mesin pabrik tersebut dan fungsinya.

Hak Cipta Atas Artikel dan Gambar:
Semua Gambar yang ada di artikel ini berasal dari Dokumentasi Pribadi selama mengikuti Program Training sebagai Cement Engineer di PT. Semen Kupang (Persero) KSO PT. Sarana Agra Gemilang.
Artikel dan gambar yang ada disini silakan disadur, dicopy dan diambil mamfaatnya selama tidak merugikan pihak manapun.

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!