Kamis, 16 Mei 2013

Belajar Sendiri Autocad 3D

Tidak ada pekerjaan di kantor membuat saya jenuh dengan keadaan yang begitu membosankan ini. Melihat di server kantor terdapat Master Software Autocad dari Autodesk membuat saya ingin mempelajari lagi software desain seperti ini. 

Kembali belajar dan mengasah kemampuan merupakan salah satu hal yang saat ini rutin saya lakukan. Tidak perlu repot, fasilitas internet sudah cukup membantu untuk proses belajar saya. Tinggal mencari "Tutorial Autocad" di google, sudah banyak artikel yang tersaji untuk dapat kita pelajari sendiri. Coba saja ketikan di google Tutorial Autocad untuk Pemula, Tutorial Menggambar Objek 3D dengan AutoCad, Atau Tutorial Menggambar Menggunakan AutoCad dan sebagainya. Pasti akan banyak artikel yang anda temui.

Untuk pemula, ada baiknya mencoba berlatih dari Mencoba menggambar objek 2D terlebih dahulu dan memahami konsep menggambar menggunakan AutoCad dan baru beranjak ke objek 3D. 

Untuk menggambar objek 3D ada aplikasi lain yang lebih mudah untuk digunakan seperti Solidwork dan Autodesk Inventory, tapi software yang ada sekarang hanya autocad saja. Jadi inilah yang saya pelajari sekarang.

Berikut ini adalah beberapa hasil gambar yang saya buat dengan menggunakan Autocad 2009 yang terinstall di Komputer yang saya gunakan untuk bekerja saat ini.


Tutorial Membuat Gear Menggunakan Autocad
Gambar. Gear 3D dengan Autocad


 Gambar. Piston 3D dengan Autocad

Dari gambar tersebut kita akan bisa mempelajari beragam fungsi yang terdapat dari AutoCad seperti fungsi Tools Drawing, Perintah Subtract, Perintah Extrude, Perintah Region dan lain-lain. Untuk berlatih, tidak ada salahnya jika kita mencoba menggambil contoh-contoh gambar dari internet dan kita tiru kemudian kita sedikit modifikasi untuk kita pelajari sendiri.

Sedikit tips dan Trik dari saya untuk bisa mempelajari software Autocad secara otodidak adalah "Rajin-Rajinlah Menggambar" hahhahahahha.

Selamat Belajar!!

Andiero

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!