Minggu, 21 April 2013

Maintenance Sensor Temperature Thermocouple || Maintenance Peralatan Instrument

Dalam suatu industry manufacturing khususnya industry semen, terdapat banyak sekali system pengukuran dalam proses produksinya. Proses pengukuran tersebut antara lain yang paling umum adalah proses pengukuran temperature, proses pengukuran tekanan, dan proses pengukuran level dan masih ada banyak lagi proses-proses pengukuran lainnya.

Dalam materi sebelumnya telah saya bahas tentang Sistem Pengukuran yang terdapat di Industry Semen, Silakan dilihat lagi materinya:

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang maintenance peralatan instrumentasi yang terdapat di Industri, khususnya sensor. Peralatan instrumentasi seperti sensor merupakan otak dari berlangsungnya system produksi di industry semen. Sedangkan Kiln (Tanur) merupakan jantungnya. Jadi, Instrumentasi memiliki peranan yang sangat vital dalam berlangsungnya proses produksi. 

Coba bayangkan jika sebuah sensor temperature yang terdapat di salah satu cyclone dari preheater mengalami kerusakan dan menampilkan nilai yang aman di ccr sedangkan kondisi actual di lapangan menunjukan hal yang berbeda dan dalam kondisi yang berbahaya. Pasti produksi akan terhenti dan peralatan akan mengalami kerusakan.

Jadi pada intinya pengawasan dan perawatan dari peralatan instrumentasi khususnya sensor harus benar-benar mendapatkan perhatian yang lebih. Selain sebagai alat untuk melakukan monitoring, sensor juga berfungsi sebagai peralatan untuk melindungi peralatan lainnya. Lihat lagi materi yang sebelumnya.

Proses maintenance sendiri dapat dilakukan ketika pabrik sedang dalam keadaan operasi atau juga dalam keadaan berhenti. Umumnya jika pabrik masih dalm keadaan operasi, proses maintenance yang bisa dilakukan antara lain dengan melakukan monitoring inspection baik secara online maupun offline. Sedangkan jika dalam keadaan berhenti, dapat dilakukan proses maintenance secara keseluruhan termasuk melakukan pergantian peralatan Instrumen dengan yang baru. Contoh Sistem Maintenance untuk peralatan instrumentasi khususnya sensor temperature.
Sensor Temperature || Sensor Thermocouple
Monitoring Inspection:
  • Cek kondisi fisik dari sensor temperature tersebut apakah masih dalam kondisi baik atau telah mengalami gangguan seperti korosi dan sebagainya.
  • Cek kondisi kabel, apakah ada kabel yang putus atau terlipat.
  • Cek kondisi kabel glanding apakh masih dalam keadaan baik atau sudah rusak.
  • Cek juga kondisi terminal kabel.
  • Cek kebersihan dari sensor (House Keeping)

Untuk Perawatan (Maintenance) lainnya:
  • Cek kondisi transmitter, cek juga sinyal masuk maupun dari sinyal keluar transmitter. Jika kondisi yang terbaca oleh sensor (yang ditampilkan di HMI) tidak sesuai dengan kondisi dilapangan (actual) lakukan proses kalibrasi, jika transmitter tidak lagi dalam kondisi baik lakukan penggantian dengan sparepart yang baru.
  • Cek juga kondisi SITOP apakah memberikan sumber tegangan yang benar atau telah mengalami pergeseran (Error), jika benar lakukan proses kalibrasi dan jika masih terdapat error yang besar lakukan pergantian dengan sparepart yang baru.
  • Jika Transmitter masih dalam kondisi baik dan begitu juga SITOP dalam kondisi baik kemungkinan yang mengalami masalah adalah sensor temperature itu sendiri (e.g thermocouple), jika benar lakukan proses penggantian dengan sparepart yang baru.

Itu saja beberapa aktivitas maintenance yang dapat dilakukan terhadap peralatan instrumentasi khususnya sensor temperature. Sebenarnya masih terdapat banyak lagi proses maintenance yang bisa dilakukan terhadap peralatan yang kita miliki. Mungkin bagi teman-teman yang memiliki pengalaman dalam bidang maintenance bisa juga menambahkan dalam kolom komentar.

Keyword: Sensor Temperature, Sensor Thermocouple, Maintenance Sensor Temperature, Maintenance Sensor Thermocouple, Maintenance Peralatan instrumentasi, Maintenance perlatan instrument, Maintenance

1 komentar:

Need Your Comments, Please !!!