Kamis, 21 Februari 2013

Sensor Level di Industri || Prinsip Kerja Sensor Level

Andiero. Di dunia industri, khususnya di Industri Semen terdapat bermacam-macam sensor level dengan prinsip kerja yang berbeda-beda mulai dari yang sederhana hingga penggunaan radar ultrasonic. Tujuannya sama ya itu melakukan Monitoring dan Pengukuran terhadap Jumlah material yang terdapat didalam tempat penyimpanan, baik itu Bin, Silo ataupun Tandon air. Pada kesempatan kali ini, Kita akan mencoba membahas beberapa Sensor Level yang terdapat di Industri Khususnya di Industri Semen, Kita juga akan membahas sedikit tentang Prinsip kerja sensor tersebut.

1. Limit Switch
Limit Switch ini merupakan sebuah saklar mekanis sama seperti saklar biasa yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat dimamfaatkan sebagai sebuah sensor. Penggunaannya pun bermacam-macam tergantung kondisi pemakaiannya. Nah Limit Switch ini juga bisa dimamfaatkan sebagai sebuah Sensor Level, Khususnya Sensor Level Ketinggian Air.

Sensor Level Menggunakan Limit Switch
Gambar. Limit Switch Sebagai Sensor Level
 
Prinsip Kerja Limit switch sebagai Sensor Level Air di Dalam Tangki
Umumnya Limit Switch terdiri dari Kontak NO dan NC yang bisa kita hubungkan ke Sumber tegangan yang digunakan sebagai inputan ke Kontroller. Nah Bagian Mekanis yang seperti pegas akan mengubah posisi kontak jika tertekan. Jadi misalnya kita menginginkan Limit switch ini sebagai sensor Level, Kita bisa menggantungkan sebuah Pelampung di bagian mekanis tersebut. Misalnya Tangki air atau Tandon Air tersebut dalam keadaan kosong, Pelampung akan menarik bagian mekanis dan menekannya kebawah sehingga Kontak-Kontak Limit Switch berubah, NO jadi NC dan NC jadi NO. dan sebaliknya ketika Tangki dalam keadaan penuh maka pelampung akan terangkat keatas dan Limit Switch dalam posisi Stand By. Nah perubahan Kontak di Limit Switch itulah yang dapat kita gunakan sebagai inputan dari posisi Level Air didalam Tangki.


2. Sensor Kapasitif || Capacitance Sensor
Prinsip Kerja Sensor Level menggunakan Kapasitansi
Gambar. Capacitance Level detector

Prinsip Kerja Level detector sesungguhnya adalah mendeteksi besarnya kapasitansi antara ujung probe dengan ground, dimana ground adalah bagian body dari sensor level itu sendiri. 

Perubahan Tinggi Material kena atau tidak kena bagian probe dari sensor level ini akan mengakibatkan perubahan kapasitansi. 

Dan perubahan besaran kapasitansi tersebut mengakibatkan perubahan frekuensi dimana frekuensi ini kemudian dikonversi menjadi tegangan.

Perubahan tegangan inilah yang selanjutnya akan digunakan mengaktifkan relay yang terdapat di Bagian dalam dari Sensor Level ini.


3. Ultrasonic Sensor
Ultrasonic Level Sensor
Gambar. Ultrasonic Level Sensor
Seperti namanya Ultrasonic Level Sensor, yaitu sebuah sensor Level yang menggunakan Prinsip kerja Ultrasonic untuk mengukur level ketinggian material didalam Bin ataupun silo. 

Sensor ini akan menembakan gelombang Ultrasonic kepermukaan Material yang akan diukur ketinggiannya. Kemudian dari data tersebut akan dikonversikan menggunakan persamaan yang telah ada sehingga didapat data ketinggian material didalam Bin atau silo yang diukur.

Ultrasonic Level Sensor ini cocok digunakan untuk mengukur level material yang berbentuk Solid seperti Klinker.

4. Silo Pilot 
Silo Pilot merupakan sebuah sensor yang digunakan untuk mengukur level material menggunaka prinsip Elektromechanic. Ya Silo pilot termasuk ke dalam elektromechanic level measurement.

Level Sensor menggunakan Prinsip electromechanic
Gambar. Silo Pilot
Prinsip Kerja Silo Pilot.
Cara kerjanya sederhana, Sensor Level ini akan menurunkan bandulnya dengan timing tertentu kemudian jika bandul tersebut menyentuh material maka bandul akan naik kembali. Dan Level ketinggian material bisa diketahui dari Panjang bandul yang diturunkan tersebut. Bisa juga diperintahkan dari Pusat Kontrol untuk memberikan Command ke Controller jika ingin melakukan pengukuran material menggunkan SiloPilot ini.


Ya Itulah beberapa sensor level yang terdapat di Dunia Industri yang sering digunakan khususnya yang terdapat di Industri Semen. Masih ada banyak lagi macam-macam sensor level yang terdapat didunia industri Ada yang menggunakan Prinsip Radar, Hydrostatic dan ada juga menggunakan Radiasi.

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!