Minggu, 17 Februari 2013

Prinsip Kerja Sensor Suara || Prinsip Kerja Microphone

Andiero. Pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas tentang Rangkaian Sensor Suara ataupun Bagaimana Membuat Rangkaian Untuk Sensor Suara. Tetapi kita akan membahas tentang Prinsip Kerja Microphone yang digunakan Sebagai Sensor Suara di Pabrik Semen. Di Pabrik Semen, Sensor Suara atau Microphone yang berfungsi sebagai Sound Level digunakan untuk memonitoring Noise yang Terdapat di Cement Mill dan Coal Mill.

Sebenarnya Sensor Suara ini adalah sebuah Microphone yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga output dari Microphone tersebut lebih Linier dan Presisi. Dan Cara kerja Sensor atau Prinsip Kerjanya adalah sama dengan Prinsip Kerja Sensor-Sensor Elektromagnetik yang telah dibahas Sebelumnya.

Prinsip Kerja Sensor Suara
Gambar. Coal Mill dengan Sound Level

Prinsip Kerja Sensor Suara || Sound Level adalah menggunakan Prinsip Elektromagnetik.
Dimana Gelombang suara yang diterima oleh membrane akan memberikan efek getaran pada membrane yang dibagian tengahnya terdapat gulungan kawat dan dibagian tengah dari gulungan tersebut terdapat magnet yang tetap diam. Karena Gulungan kawat tersebut ikut bergetar maka seolah-olah gulungan kawat ini memotong medan magnet yang berada ditengah gulungan kawat tersebut dan hal ini akan mengakibatkan kedua ujung kawat tersebut akan mengeluarkan tegangan AC.

Dan Tegangan AC ini selanjutnya dikirmkan ke Transmitter untuk diperkuat dan dikondisikan sehingga bisa menjadi inputan ke PLC ataupun penampil data lainnya.

Dengan demikian, Sebuah Microphone dapat kita fungsikan sebagai sensor suara untuk memonitoring perubahan Noise yang terdapat di Dalam Cemet Mill dan Coal Mill.



0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!