Selasa, 29 Januari 2013

10 Sensor Yang Umum Dipakai di Industri [Bag.2]

Andiero. Melanjutkan Artikel sebelumnya Tentang 10 Sensor yang Umum di Industri [Bag.1]. Perbedaan antara Sensor yang ada di Industri dengan sensor di elektronika sebenarnya hanya terletak pada standarisasi dari instrumentasi tersebut seperti daya tahan terhadap lingkungan. Namun sebenarnya Prinsip Kerja Sensor tersebut hampir sama. Contohnya Limit Switch. Limit Switch yang dikenal oleh Penghobi Elektronika (Dunia Elektronika) berbeda dengan Sensor Limit Switch di Industri Semen tetapi Fungsi dan Prinsip kerjanya tetap sama.

Nah berikut ini adalah jenis-jenis sensor yang digunakan di dunia Industri.

6. Limit Switch
Limit switch merupakan sebuah saklar kontak yang didesain sedemikian rupa sehingga ketika terjadi kontak secara mekanik akan dikonversi menjadi sinyal elektrik. Meskipun prinsip kerjanya sederhana dan simple namun fungsinya bisa bermacam-macam. Di Industri Semen tempat saya berkerja, Limit Switch digunakan untuk memonitoring bukaan pada Gate ataupun Damper. Ada juga yang digunakan sebagai sensor Level pada Tanki Air, ada juga yang digunakan untuk memonitoring Rol Position pada Clay Crusher. Dan Masih banyak lagi aplikasi dari Limit Switch.
Sensor-Sensor di Dunia Industri
Gambar. Limit Switch Sebagai Sensor Posisi

Sensor-Sensor di Dunia Industri
Gambar. Limit Switch Sebagai Sensor Level
7. Load Cell
Load Cell atau sensor berat digunakan untuk mengetahui berat dari suatu objek yang diukur, misalnya berat material. Prinsip kerjanya sangat sederhana yakni mengubah gaya tekan menjadi sinyal elektrik. Umumnya di Dunia Industri Khususnya Industri Semen, Load Cell digunakan untuk mengukur berat material didalam Bin, selain itu juga load cell digunakan di jembatan timbang.

Load Cell juga biasanya menjadi bagian dari suatu peralatan instrumentasi lainnya seperti Belt Weigher, Weigh Feeder, Flow Meter yang berfungsi untuk mengukur flow material dari proses produksi.
Sensor-Sensor di Dunia Industri
Gambar. Load Cell
Sensor-Sensor di Dunia Industri
Gambar. Load Cell di Bin Material
8. Power Meter
Mungkin yang satu ini terbilang familiar. Alat yang satu ini digunakan untuk mengukur seberapa besar nilai tegangan dan arus dari suatu sistem, Bisa juga untuk mengetahui nilai Cos Pi dari sistem tersebut umumnya terdapat di panel-panel listrik. Contohnya untuk mengukur dan mengamati nilai arus dan tegangan dari suatu Motor AC.
Sensor-Sensor di Dunia Industri
Gambar. Power Meter
9. Flow Meter
Flow Meter merupakan Sensor yang digunakan untuk mengetahui flow dari suatu material baik solid maupun liquid. Di Dunia Industri terdapat macam-macam jenis dari Sensor Flow ini. Untuk Yang Liquid biasanya menggunakan jenis Turbin, Elektromagnetic, VenturiMeter dan lain-lain. Sedangkan untuk Solid material biasanya digunakan dari kombinasi beberapa peralatan instrument yang dijadikan Flow Meter, contohnya Weigh Feeder.
Sensor-Sensor di Dunia Industri
Gambar. Flow Meter
10. Flame Detector
Flame Detector Merupakan peralatan instrumentasi yang digunakan untuk mendeteksi api biasanya menggunakan sebuah sensor optik untuk mendeteksi spektrum gelombang yang dihasilkan dari api. Berdasarkan Pengalaman Penullis Sensor Flame Detector ini digunakan di Gas Turbin Generator, sedangkan di Tempat Penulis Bekerja Sensor ini digunakan untuk memonitoring Panas dari Shell Kiln, Serta Memonitor Bentuk Api dari Burner.
Sensor-Sensor di Dunia Industri
Gambar. Pyrometer di Kiln Outlet
Sensor-Sensor di Dunia Industri
Gambar. Kiln Shell Scanner

Keyword: 10 sensor yang umum dipakai di Industri, Top 10, Sensor-Sensor Industri, Sensor di Dunia Industri, Sensor di Industri Semen, Macam-Macam Sensor di Dunia Industri, Macam-Macam sensor Industri, Jenis-Jenis Sensor di Industri, Jenis Sensor Industri, Jenis-Jenis Sensor di Dunia Industri.

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!