Minggu, 27 Januari 2013

10 Sensor Yang Umum diPakai di Industri [Bag.1]

Andiero. Dalam dunia Industri khususnya di Industri semen, sistem pengukuran merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan khususnya di Industri Kimia dan Manufacturing. Sistem Pengukuraan berkaitan erat dengan sistem kontrol dalam suatu proses produksi sehingga hal ini sangat perlu diperhatikan. Elemen terpenting dari sistem pengukuran adalah Elemen Sensing (Instrumentasinya sebuah sensor). Ayo Apa saja ke 10 Sensor yang Umum di Pakai di Industri. 


Berikut ini adalah Jenis-Jenis Sensor yang ada di Industri (Contoh, Industri Semen) :

1. Sensor Proximity Switch
Sensor Proximity Switch umumnya dipakai untuk memonitoring peralatan yang berputar (Speed Monitor) selain itu juga digunakan untuk tujuan Safety (Proteksi) peralatan itu sendiri. Sensor Proximity Switch juga digunakan untuk memonitoring posisi bukaan pada gate. 
Contoh penggunaan: Speed Monitor Pada Belt Conveyor, Sensor Posisi pada sebuah Gate dan Masih banyak lagi aplikasi dari sensor Proximity switch ini.

Sensor Proximity Switch
Gambar. Sensor Proximity Switch
Sensor Proximity Switch di Roller Crusher
Gambar. Aplikasi dari Sensor Proximity


2. Sensor Temperature
Dalam proses Pengukuran Temperature di dunia Industri khususnya di Industri Semen terdapat beberapa jenis sensor temperature yang bisa digunakan seperti sensor Thermocouple dan Sensor RTD. Sensor Thermocouple digunakan untuk memonitoring temperature dari proses produksi, biasanya yang memiliki temperature yang sangat tinggi. Contoh aplikasinya Monitoring Temperature di dalam Tanur (Kiln). Sedangkan Sensor Temperature tipe RTD digunakan untuk memonitoring temperature dari peralatan atau mesin, tujuannya untuk melindungi perlatan tersebut dari temperature yang berlebihan, contoh aplikasinya Monitoring Temperature Bearing Fan.

Gambar Sensor Temperature di Bearing Fan
Gambar Sensor Temperature di Bearing Fan
Gambar Sensor Temperature di Ducting Preheater
Gambar Sensor Temperature di Ducting Preheater

3. Sensor Pressure
Sensor Pressure digunakan untuk mengukur dan memonitoring nilai tekanan yang terdapat pada system proses produksi, contohnya tekanan didalam Cyclone-cyclone Preheater. Ada juga yang digunakan untuk mengukur nilai tekanan yang dihasilkan dari aliran fluida (misalnya udara), contohnya Flowmeter pada fan-fan cooler.
Di Industri Semen, sensor pressure yang digunakan umumnya dari pabrikan Honeywell dengan tipe ST3000 dan Endress& Hausser dengan tipe PMD70. Meskipun terdapat juga sensor pressure dari pbarikan lain seperti Danfoss dan beberapa merk china lainnya.

Sensor Pressure di Fan-Fan Cooler
Sensor Pressure di Fan-Fan Cooler
Gambar Sensor Pressure
Gambar Sensor Pressure
4. Sensor Level
Sensor Level digunakan untuk mengetahui level material (solid ataupun liquid) yang terdapat didalam tempat penyimpanan baik berupa silo, bin, storage material ataupun tempat penyimpanan lainnya. Di Industri Semen, Sensor Level untuk material solid digunakan di Premix Storage, Bin-bin material, CF Silo, Clinker Silo,Cement Feeding dan Cement Silo.

Gambar sensor Level switch
Gambar sensor Level switch
Gambar sensor Level Transmitter
Gambar sensor Level Transmitter

5. Sensor Vibrasi
Sensor vibrasi digunakan untuk memonitoring besarnya nilai vibrasi dari suatu alat biasanya untuk tujuan safety dan proteksi terhadap peralatan itu sendiri. Di pabrik Semen Kupang 2, sensor vibarsi biasanya dipasang di Bearing Fan (ID Fan, Raw Mill Fan, EP Cooler Fan, EP Raw Mill Fan) dan juga di Atox Mill.

Sensor Vibrasi
Sensor Vibrasi
Sensor Vibrasi
Sensor Vibrasi


Keyword: 10 sensor yang umum dipakai di Industri, Top 10, Sensor-Sensor Industri, Sensor di Dunia Industri, Sensor di Industri Semen, Macam-Macam Sensor di Dunia Industri, Macam-Macam sensor Industri, Jenis-Jenis Sensor di Industri, Jenis Sensor Industri, Jenis-Jenis Sensor di Dunia Industri.

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!