Kamis, 01 November 2012

INSTRUMENTASI PROSES



Besaran-besaran fisika atau besaran-besaran kimi dalam suatu proses harus terus berjalan dan dikendalikan dalam variabel yang diinginkan. Proses pengendalian ini bisa dilakukan secara manual ataupun dengan bantuan peralatan instrumentasi yang disebut juga instrumentasi proses

Secara umum pengertian dari  instrumentasi proses adalah peralatan yang mempunyai kemampuan untuk mengukur , mengatur, menampilkan suatu nilai/besaran fisika/sifat-sifat fisis maupun kimia dari bahan yang diukur.
Apalagi instrument equipment tersebut digunakan untuk pengukuran dan pengaturan dalam suatu proses industry maka peralatan instrument tersebut biasanya disebut dengan Instrumentasi Industri.
Pada prinsipnya Instrument Proses itu sendiri dapat dibagi menjadi 3 system:
1.   System pengukuran, yaitu peralatan instrumentasi yang hanya dipakai untuk mengukur dan menampilkan suatu nilai/besaran fisika/sifat-sifat fisis maupun kimia dari bahan yang diukur. System pengukuran ini dikenal dengan istilah Measuring System.
Contohnya:


Gambar. Heat Gun
 
Gambar. Tang Ampere
2.      System pengaturan, yaitu peralatan instrumentasi yang dipakai untuk mengatur/mengoperasikan peralatan lain sehingga variable yang diatur tersebut bisa dijaga kestabilannya sesuai dengan yang dikehendaki. System pengaturan ini dikenal dengan istilah Control System.
Contohnya:
 
Gambar. Electric Butterfly Valve

3.      System pengukuran dan pengaturan yaitu peralatan instrumentasi yang selain mampu mengukur sekaligus juga dipakai untuk mengatur/mengoperasikan peralatan lain sehingga obyek yang diukur tersebut bisa dijaga kestabilannya sesuai dengan yang dikehendaki. System ini dikenal dengan nama Measuring Control System.
Contohnya:
 
Gambar. Measuring Control System di Industri Semen

Gambar diambil dari dokumentasi pribadi.

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!