Jumat, 23 Desember 2011

Interfacing Port Paralel dengan Visual Basic

Andiero. Tutorial Interfacing Port Paralel Dasar. Salah satu aplikasi sederhana dari penggunaan port parallel adalah mengendalikan sebuah Led Driver. Dimana rangkaian Led Driver ini hanya dihubungkan pada jalur data dari port paralel (Pin 2-9) yang dihungkan langsung ke untai Led melalui sebuah resistor 220 - 1 KΩ untuk menahan arus agar tidak berlebihan sehingga menyebabkan Led terputus.

Pada Rangkaian Led Driver yang saya gunakan adalah tipe common katoda dimana anoda led dihubungkan pada jalur data port paralel dan katoda led menuju ground yakni pin 18-25. Gambar dibawah ini menunjukan rangkaian Led Driver yang akan kita gunakan.

Gambar Rangkaian LED Driver
Gambar Rangkaian LED Driver


Interfacing Port Paralel dengan Menggunakan Visual Basic
Saatnya kita membuat aplikasinya dengan visual basic. Sebelum kita melangkah lebih jauh terlebih dahulu kita harus melakukan setting awal terhadap program yang akan kita buat.Karena Visual Basic memiliki suatu keterbatasan dimana program yang akan kita buat dengan Visual Basic tidak akan dapat mengakses hardware secara langsung dalam sistem operasi windows.

Oleh karena itu kita membutuhkan program eksternal untuk melakukan pengaksesan hardware secara langsung pada program kita. Program itu dapat kita buat sendiri ataupun dapat langsung mengambilnya dari file yang banyak tersedia. Salah satunya file Inpout32.dll dari www.logix4u.com.
Setelah kita Download file tersebut selanjutnya tinggal kita ekstrak file itu dan copikan ke sistem ataupun sistem32 atau anda cukup menyimpannya pada folder yang sama dengan program yang akan kita buat.

Kemudian kita baru akan membuat programnya. Langkah-langkahnya bisa kita lihat di contoh yang telah saya buatberikut ini tentang Membuat Program Sederhana Menggunakan Visual Basic untuk mengakses Port Paralel dan mengendalikan Rangkaian LED Driver yang terhubung ke Komputer.

Langkah-langkahnya :
1. Buka Program Visual Basic anda (dengan catatan program ini sudah anda install di computer anda) dengan cara klik start>all program>microsft visual studio 6.0>Microsoft visual basic 6.0.
Contoh Program Interfacing Port Paralel dengan Visual Basic
2. Pilih standart exe kemudian klik ok
Contoh Program Interfacing Port Paralel dengan Visual Basic

3. Ada baiknya terlebih dahulu anda membuat sebuah module dengan cara klik project>add module. Kemudian anda masukan deklarasi seperti ini:
Public Declare Function Inp Lib "inpout32.dll" _
Alias "Inp32" (ByVal PortAddress As Integer) As Integer
Public Declare Sub Out Lib "inpout32.dll" _
Alias "Out32" (ByVal PortAddress As Integer, ByVal Value As Integer)
4. Setelah itu kita baru akan merancang program yang kita inginkan.
5. Kita akan menambahkan dua buah command klik pada form yang sudah ada.ubah propertis dari masing-masing command (sesuai keinginan anda) seperti tabel yang saya buat.
Tabel Poperties
Contoh Program Interfacing Port Paralel dengan Visual Basic

Tampilan Form yang kita buat
Contoh Program Interfacing Port Paralel dengan Visual Basic
6.klik dua kali tombol on dan akan muncul jendela source kode kemudian anda ketikan listing berikut.
Out 888, 255
7.klik dua kali tombol off dan anda juga harus mengketikan
Out 888,0
Listing Program yang kita buat
Contoh Program Interfacing Port Paralel dengan Visual Basic
Gambar. Coding Sederhana VB dan Port Paralel
8.Selesai.sekarang anda tinggal mencoba program yang telah anda buat.
Jangan lupa buat file exe nya sekalian biar lebih prkatis waktu mencoba.


Keyword: Interfacing Port Paralel, Antarmuka Port Paralel, Port Paralel dan Visual Basic, Interfacing Port Paralel dan Visual Basic, Interfacing Port Paralel dengan Visual Basic, Visual Basic dan Port Paralel, Contoh Program Interfacing Port Paralel, Mengakses Port Paralel dengan Visual Basic,Mengendalikan LED dengan Port Paralel, Port Paralel, LED, Visual Basic, tutorial Interfacing Port Paralel, Paralel Port.

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!