Minggu, 30 Oktober 2011

Modul Pengendali Beban AC (Software)


            Sebelumnya Baca Dulu artikel saya tentang Modul Pengendali Beban AC / Tegangan Tinggi (Hardware). Pada artikel ini akan saya bahas cara membuat program sederhana untuk mengendalikan beban AC tersebut menggunakan Komputer melalui Port Paralel / Port Printer.
Adapun langkah-langkah membuat Program Pengendali beban ac ini adalah sebagai berikut:
  1. Buka Microsoft Visual Basic 6.0 yang telah terinstall di komputer anda.
  2. Selanjutnya buat sebuah project baru, pilih Standart.EXE.
  3. Pada Kontrol Form, Tambahkan 4 buah Kontrol Shape, 1 Buah Kontrol Frame dan 8 buah Kontrol OptionBox. Susun sedemikian rupa atau kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

Gambar Layout Program Pengendali Beban AC Sederhana

  1. Buka Jendela Kode, dan deklarasikan Script berikut untuk mengakses program yang ada di file InpOut32.dll seperti berikut.
  1. Pada bagian Form Load, Ketikan Script ini.
 

  1. Selanjutnya ketikan Script-Script berikut ini pada tiap-tiap Kontrol OptionBox.
 
  1. Hubungkan Alat yang anda buat dengan Port Paralel PC anda. Untuk Gambar Rangkaiannya, silakan anda lihat Artikel sebelumnya.
  2. Jalankan program yang anda buat. Jika tidak ada masalah, maka alat anda akan bisa dikendalikan menggunakan Komputer anda.


Sedikit Penjelasan mengenai program tersebut adalah sebagai berikut: Pada bagian deklarasi adalah untuk memanggil fungsi-fungsi yang ada pada file InpOut32.dll untuk mengakses Port Paralel/Port Printer DB25. Fungsi yang dipanggil adalah fungsi Input dan Output. Selanjutnya pada bagian load, kondisi output dari Port Paralel dibuat Low dan Indikator dari Lampu akan berwarna hitam.
Pada bagian Script Program Utama adalah untuk membarikan nilai Aktif High pada Pin Data dari Port Paralel. Pin yang digunakan adalah Pin data 0, 1 dan 2 sehingga untuk mengaktifkannya adalah dengan membeikan Nilai desimal 1 untuk Port Data 0,  2 untuk Port data 2, dan 4 untuk Port data 3. (Pelajari Sistem Bilangan).
Data Desimal 1 =  0 0 1 (data Biner)
Data Desimal 2 = 0 1 0 (data Biner)
Data Desimal 4 = 1 0 0 (data Biner)
Data Desimal 5 = 1 0 1 (Data Biner), dst.

Untuk Lebih Jelasnya mengenai Interfacing Port Paralel dan Sistem Bilangan silakan anda baca juga artikel yang berhubungan berikut.

Keyword: Interfacing Port Paralel, Port Paralel, Port Printer, Sistem Bilangan, Bilangan Biner, Bilangan Desimal, Rangkaian Pengendali Beban, Program Visual Basic, Interfacing, Script Program Visual Basic.

7 komentar:

  1. terima kasih gan.
    untuk lebih lengkap, baca artikel sebelumnya gan...jika masih ingin belajar

    BalasHapus
  2. terima kasih..more info i get from here..tq

    BalasHapus
  3. trimakasih..tulisan ini yg saya cari selama ini

    BalasHapus
  4. mantaps gan, nice artikel.. oya gan, kalo ada yang pengen menambah wawasan tentang logika pengendali port, dengan bahasa assembly silakan mampir saja dimari gan,

    http://gatewawan.blogspot.com/2014/08/mengenal-logika-terbuka-pengarah-port-menggunakan-bahasa-assembly-dan-mesin.html

    http://gatewawan.blogspot.com/2014/08/mengenal-macam-macam-kode-biner-kendali-port.html

    siapa tau juga bisa sebagai tambahan referensi buat agan sekalian, semoga bermanfaat,

    thanks,
    salam --technocrat--

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!