Sabtu, 09 Juli 2011

Rangkaian Sensor Proximity || Rangkaian Sensor Infrared

(Blog Andiero). Pada Project Elektronika kali ini, Andiero akan membahas sebuah Rangkaian Sensor yang dapat digunakan dibanyak aplikasi elektronika. Salah satunya pada Robot Pengikut Garis atau Robot Line Follower, atau Aplikasi Saklar Sentuh.
Namun pada postingan kali ini, Andiero tidak akan membahas tentang Membuat Robot Line Follower (Robot Pengikut Garis) tapi membahas tentang Rangkaian Sensor Infrared atau Rangkaian Sensor Proxomity secara umum/keseluruhan.

Untuk membuat Rangkaian Sensor Infrared atau Rangkaian Sensor Proximity, kita membutuhkan komponen seperti infrared sebagai sumber cahaya (light Source) dan sebuah Photodioda sebagai sensor cahaya (Photodetector). Adapun Contoh Rangkaiannya adalah sebagai berikut.
Gambar Rangkaian Sensor Proximity Sederhana

Rangkaian Sensor tersebut dapat dipakai diberbagai aplikasi, kita misalkan saja sebagai sensor pembaca garis pada robot Line follower. Prinsip kerja Sensor proximity pada robot pengikut garis adalah sebagai berikut.

Pada rangkaian sensor diatas, Photodioda kita gunakan sebagai sensor cahaya dan infrared sebagai sumber cahaya. Ketika Infrared ditembakkan diatas garis putih maka cahaya yang akan terpantul dalam jumlah besar dan akan diterima oleh sensor photodioda. Sensor Photodioda yang menerima jumlah cahaya dalam intensitas yang tinggi akan memiliki nilai resistansi yang rendah sehingga memberikan tegangan keluaran sangat kecil (logika 0).

Sebaliknya jika Infared ditembakkan ke garis hitam maka cahaya yang terpantul dalam jumlah yang sedikit dan diterima oleh photodioda. Jika intensitas cahaya yang diterima oleh photodioda sedikit maka nilai resistansi photodioda akan tinggi sehingga memberikan tegangan keluaran yang cukup (logika 1).

Perubahan Nilai tegangan tersebulah yang dapat kita gunakan sebagai inputan pada rangkaian kontroller yang kita gunakan seperti Mikrokontroler (uC). Namun kita gunakan rangkaian ADC sebagai konverter terlebih dahulu untuk mengkonversi perubahan tersebut menjadi sinyal TTL.


Aplikasi Rangkaian Sensor Infrared/ Rangkaian Sensor Proximity
6. Dsb


Selanjutnya “Rangkaian Sensor Proximity dengan Komparator

Keyword: Rangkaian Sensor Infrared, Rangkaian Sensor Proximity, Rangkaian Sensor Pengikut Garis, Rangkaian Sensor Cahaya, Rangkaian Sensor Antimaling, Rangkaian Sensor

2 komentar:

  1. maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang Sensor Garis
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3094/1/IMG_0025.pdf
    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. @aizat : Terima Kasih atas kunjungannya dan informasinya...
    semoga bermamfaat bagi yang lain

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!