Sabtu, 09 Juli 2011

Rangkaian Sensor Proximity dengan Komparator

Pada Postingan Sebelumnya, Telah dibahas tentang Rangkaian Sensor Infrared atau Rangkaian Sensor Proximity sederhana. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Rangkaian Sensor Proximity dengan IC Operational Amplifier (Op-Amp).
            Rangkaian Sensor Proximity pada bahasan yang lalu, dapat kita gunakan sebagai inputan pada Rangkaian ADC sebelum kita hubungkan ke controller baik ke microcontroller ataupun ke PLC. Sehingga nilai inputan bervariasi tergantung bit dari IC ADC itu sendiri. Sehingga logika inputan berkisar dari 0-255 untuk 8 Bit ADC.
            Sedangkan Rangkaian Sensor Proximity menggunakan IC Op Amp kali ini akan kita gunakan sebagai nilai inputan pada Level Tegangan TTL (Transistor-Transistor Logic) yaitu 0-1 Volt untuk Logika 0 dan 3-5 Volt untuk Logika 1.
            Adapun Rangkaiannya adalah sebagai berikut.
Rangkaian Sensor proximity

Gambar Rangkaian Sensor Proximity dengan Komparator.

Seperti yang terlihat, Rangkaian Sensor Proximity diatas tidak berbeda jauh dengan Rangkaian Sensor Proximity sebelumnya. Hanya ada penambahan Ic LM339 sebagai Komparator.
Pada Rangkaian Sensor tersebut, Output dari Photodioda kita hubungkan dengan Inverting Op-Amp dan akan kita bandingkan dengan nilai tegangan dari Resistor Variabel. Perbandingan inilah yang akan menentukan inputan ke controller sebagai logika 1 ataupun 0.

Namun perlu diperhatikan adalah sumber tegangan yang digunakan baik sehingga efisiensi dari Sensor Proximity tersebut tetap akurat. Pada beberapa percobaan yang sempat saya lakukan, sering terjadi masalah sensitivitas dari sensor proximity yang disebabkan oleh daya baterai yang sudah lemah.
Untuk menyesuaikan dengan Intensitas cahaya dari lingkungan maka perlu dilakukan kalibrasi terhadap nilai resistansi Resistor Variabel yang kita gunakan sehingga keakuratan sensor infrared lebih tinggi.

Keyword: 

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!