Sabtu, 09 Juli 2011

Rangkaian Sensor Posisi

Rangkaian Sensor yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yaitu Rangkaian Sensor Posisi Menggunakan Potensiometer. Penggunaan Potensiometer Sebagai Sensor Posisi dalam Dunia Elektronika umumnya ditemukan pada Lengan Robot (Arm Robot).
Biasanya seorang mekanik robot memilih potensiometer karena memiliki beberapa keunggulan baik dari segi mekanik, elektrik maupun dari segi programming.

Dari Segi mekanik, potensiometer dapat diletakkan pada posisi yang kita inginkan karena dilihat dari bentuknya yang simple dan juga mendukung mekanik. Selain itu juga ada banyak pilihan bentuk potensiometer yang tersedia di pasaran. Potensiometer yang tersedia di pasaran terdiri dari beberapa jenis, yaitu: potensiometer karbon, potensiometer wire wound dan potensiometer metal film.
Dari Segi Elektrik ,Penggunaan potensiometer sebagai sensor posisi cukup praktis karena hanya membutuhkan satu tegangan eksitasi dan biasanya tidak membutuhkan pengolahan sinyal yang rumit.
Dari Segi Programming, Perubahan Posisi dapat diukur dari perubahan resistansi yang dimiliki potensiometer yang sebelumnya telah dikonversi menjadi sinyal inputan yang sesuai dengan kontroller baik tegangan maupun arus.
           
Namun bukan berarti Potensiometer tidak memiliki kelemahan. Kelemahan penggunaan potensiometer terutama adalah:
1. Cepat aus akibat gesekan
2. Sering timbul noise terutama saat pergantian posisi dan saaat terjadi lepas kontak
3. Mudah terserang korosi
4. Peka terhadap pengotor

Berikut ini adalah contoh sederhana penggunaan potensiometer pada Lengan Robot Sederhana.

Gambar Lengan Robot Sederhana Tampak Samping

Gambar Lengan Robot Sederhana Tampak Atas

Perubahan Resistansi Potensiometer pada lengan robot tersebut dapat digunakan untuk menentukan letak end effector dari lengan robot diatas. Misalkan ketika Resistansi Potensiometer bernilai rendah maka letak end effector berada di titik B, ketika nilai potensimeter bernilai sedang maka posisi end effector berada di titik A dan ketika nilai resistansi bernilai tinggi maka posisi end effector berada di titik C.
Sedangkan untuk Contoh Rangkaian Sensor Posisi Menggunakan Potensiometer adalah sebagai berikut.

Gambar Rangkaian Sensor Posisi Menggunakan Potensiometer


2 komentar:

Need Your Comments, Please !!!