Sabtu, 09 Juli 2011

Rangkaian Sensor Pengukur Panjang Benda

Dalam dunia elektronika, penggunaan satu alat pada banyak aplikasi adalah hal yang wajar. Wajar pula jika pada bahasan kali ini kita bahas Rotary Encoder sebagai Sensor Pengukur Panjang Benda. Jika Sebelumnya Pernah kita bahas Penggunaan Rotary Encoder Sebagai Sensor Pengukur Kecepatan.


Gambar Skema Sensor Pengukur Panjang Benda Menggunakan Rotary Encoder

Pada gambar diatas, Rotary Encoder kita letakkan sedemikian rupa diatas sebuah Konveyor. Poros dari Rotary Encoder kita pasangkan dengan mekanisme penggerak sehingga apabila ada objek yang ingin diukur kecepatannya maka poros dari rotary encoder dapat berputar.
Kita misalkan objek yang diukur adalah sebuah papan dengan panjang tertentu, kemudian kita letakkan diatas konveyer maka papan akan bergerak mendekati Rotary Encoder. Bila papan ini mengenai sitem geraknya akan menyebabkan poros rotary berputar sepanjang papan tersebut.
Setiap perputaran rotary encoder akan menentukan panjang papan tersebut. Misalkan Setiap satu putaran poros kita asumsikan sebagai 1 cm maka jika rotary encoder berputar sebanyak 100 kali maka panjang papan adalah 1 meter.
Data inilah yang akan kita gunakan sebagai inputan pada kontroller yang kita gunakan.

Untuk Rangkaian Sensor Pengukur Panjang Benda menggunakan Rotary Encoder adalah sama dengan Rangkaian Sensor Pengukur Kecepatan sebelumnya. Atau anda bisa membeli Rotary Encoder yang telah tersedia dipasaran.

2 komentar:

  1. mantap lanjutkan,,,adsense tu pasanglah ndik awak lah dewo...

    BalasHapus
  2. Apo Mer...

    Gek Be Ah...

    Traffic Blog Belom Tinggi...

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!