Sabtu, 09 Juli 2011

Rangkaian Counter Menggunakan Sensor Infrared

Pada Postingan Sebelumnya, telah saya bahas tentang Rangkaian Counter dengan Tampilan Seven Segment dan kali ini saya akan membahas tentang Rangkaian Counter Dengan Sensor Infrared Sederhana.
Rangkaian counter dengan sensor infrared ini sebenarnya adalah modifikasi dari rangkaian counter sebelumnya. Aplikasi dari rangkaian ini sangat banyak tergantung bagaimana anda ingin menggunakannya.
Aplikasinya seperti Penghitung Parkir Otomatis, Penghitung Jumlah Pengunjung Otomatis, dan sebagainya. Namun rangkaian yang ingin saya berikan masih terbilang sederhana, hanya menampilkan counter hingga 9 kali.
Seperti biasanya, sebelum kita memulai membuat rangkaian counter dengan sensor infrared ini ada baiknya jika kita mengetahui daftar komponen elektronika yang kita butuhkan untuk membuat rangkaian ini. Berikut ini daftarnya.
  1. Photodioda atau Phototransistor (Photodetector)
  2. Infrared
  3. Resistor Tetap dengan Nilai 33KOhm
  4. Kapasitor /kondensor dengan nilai 1uF
  5. IC Schmitt Trigger 40106B
  6. IC Decoder 4026B
  7. Seven Segment Common Katoda
  8. Baterai 9 Volt

Adapun Gambar Rangkaian Counter dengan sensor Infrared ini adalah sebagai berikut:

Gambar rangkaian Counter dengan Sensor Infrared

Sedikit Penjelasan mengenai Rangkaian Counter Diatas:

Sama seperti rangkaian Counter Sebelumnya. Rangkaian diatas menggunakan IC Decade Counter 4026B sebagai driver dari Seven Segment Common Katoda. Dan IC Schmitt Trigger 40106B sebagai penghasil Sinyal/Pulsa yang menjadi Sumber Clock bagi IC 4026B.
            Kondisi awal sensor dibuat aktif, jadi jika dalam kondisi standby Sensor Photodetector yang kita gunakan akan menerima cahaya dari infared sehingga memiliki kondisi aktif.
Namun ketika ada sesuatu yang memutus cahaya tersebut maka photodetector akan memberikan sinyal low (0) dan perubahan tersebut akan ditampilkan oleh Seven Segment.

Mungkin sebagai catatan.
Jika anda tidak menemukkan Komponen-komponen yang anda butuhkan, seperti IC Schmitt Trigger 40106B dan IC 4026B dipasaran mungkin anda dapat menggantinya dengan IC sejenisnya seperti 74LS14 untuk Schmitt Trigger dan 74LS48 untuk Driver Seven Segment common Katoda.

13 komentar:

  1. Dengan Hormat,
    Saya awam tentang mikroprocessor tapi ingin belajar dan sudah bisa Visual Basic. Di tempat saya kerja ada perhitungan manual Bongkar muat Kelapa dan lewat conveyornya satu-satu. Bisa nggak kira-kira dibuat program untuk hitung kelapa ini menggunakan program diatas dan datanya dimasukkna ke database komputer. Mohon penjelasanya

    Terima kasih
    Syafruddin

    BalasHapus
  2. Bisa nggak dipakai untuk pemakaian 15 jam sehari ?. dan bisa nggak datanya diambil untuk ditampilkan ke komputer dan disimpan ke database.

    Terima kasih
    Syafruddin2002@gmail.com

    BalasHapus
  3. @Syafruddin, Maaf Saya Baru Bisa Menjawab Sekarang.

    Untuk yang anda maksud, Tentu saja Bisa. Anda gunakan rangkaian tersebut diatas sebagai inputan ke controller(bisa PLC atau mikrokontroler). Saya sarankan yg mikrokontroler saja karena lebih ekonomis.
    Selajutnya dari mikrokontroler hubungkan ke komputer melalui komunikasi data secara serial.
    sedangkan untuk tampilan visual dan database bisa anda buatkan menggunakan VB6.

    pemakaian 15 jam sehari juga bisa, asalkan sumber daya tersedia dan alat yang anda buat memiliki ketahanan yang cukup.

    terima kasih atas pertanyaannya.

    BalasHapus
  4. sy ingin mbuat suatu sistem monitoring beras pd tmpatnya. Rencananya dy pakai snsor infra red, utk sensing apakah beras sudah habis ato masih ada.. kira" bisa kah dg rangkaian sperti d atas ?

    BalasHapus
  5. saya ingin membuat alat ukur volume cairan dalam satuan ml setiap 1kali counter 1 ml

    BalasHapus
  6. bisa bantu buat alat yg berbau mikro g?

    mohon pencerahan

    BalasHapus
  7. saya mau nanya nih kak buat bahan praktek saya di sekolah.. rangkaian diatas itu nantinya harus pakai controller lagi?
    saya berniat untuk membuat penghitung parkir otomatis.. bagaimana cara menyatukannya dengan controller tersebut?

    BalasHapus
  8. @ayu : jika anda berniat menggunakan controler seperti UC, maka rangkaian tersebut harus diubah total dan sebenarnya sama sederhanaya. yang membedakannya hanya programnya nanti yang didownloadkan ke UCnya.

    BalasHapus
  9. untuk admin yg baik, gmana kalo display yang ingin ditampilkan sampe 3 digit, bisa dirancangin kagak (ya sama pake sensor inframerah),

    oh ya sekalian sama software apa ya yg digunain untuk demo-in rangkaian ini?

    mohon bantuannx, sy tunggu di blog sy

    BalasHapus
  10. Bisa gan dibuat sampe 3 digit.
    klo mau di simulasikan pakai Livewires aja sudah bagus kok

    BalasHapus
  11. gan bisa minta rangkaian ini dalam bentuk proteus ga? soalny saya masih bingung nyari komponennya di proteus

    BalasHapus
  12. gimana caranya biar bisa 3 digit?? tolong penjelasannya

    BalasHapus
  13. @Gulfa Andi Sutrisno
    mengenai pertanyaan

    Dengan Hormat,
    Saya awam tentang mikroprocessor tapi ingin belajar dan sudah bisa Visual Basic. Di tempat saya kerja ada perhitungan manual Bongkar muat Kelapa dan lewat conveyornya satu-satu. Bisa nggak kira-kira dibuat program untuk hitung kelapa ini menggunakan program diatas dan datanya dimasukkna ke database komputer. Mohon penjelasanya

    Terima kasih
    Syafruddin

    bisa di buat contohnya gan

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!