Sabtu, 09 Juli 2011

Rangkaian Counter Menggunakan IC NE555

Untuk melengkapi postingan saya tentang Rangkaian Counter, Kali ini saya postingkan juga sebuah rangkaian Counter Otomatis dengan IC NE555. Pada Artikel sebelumnya, telah saya bahas Rangkaian Counter Manual yaitu Rangkaian Counter dengan Tampilan Seven Segment dan Rangkaian Counter Menggunakan Sensor Infrared.
Rangkaian Counter atau Rangkaian Penghitung ataupun rangkaian pencacah Otomatis berikut ini masih tetap menggunakan Seven Segment sebagai penampil hasil counternya. Namun Proses Counter dilakukan secara otomatis menggunakan Rangkaian Astable dari IC NE555.

Seperti biasanya, sebelum kita memulai membuat rangkaian counter dengan IC NE555 ini ada baiknya jika kita mengetahui daftar komponen elektronika yang kita butuhkan untuk membuat rangkaian ini. Berikut ini daftarnya.
1. IC NE555
2. Resistor Variabel 100KOhm
3. Resistor Tetap dengan Nilai 10KOhm
4. Kapasitor /kondensor dengan nilai 100uF dan 33uF
5. Push Button
6. IC Schmitt Trigger 40106B
7. IC Decoder 4026B
8. Seven Segment Common Katoda
9. Baterai 9 Volt

Adapun Gambar Rangkaian Counter dengan IC NE555 ini adalah sebagai berikut:

Gambar Rangkaian Counter menggunakan IC NE555

Prinsip Kerja Rangkaian Counter Otomatis dengan Tampilan Seven Segment.
Rangkaian Counter Diatas sedikit berbeda dengan rangkaian-rangkaian counter sebelumnya karena kita menggunakan IC NE555 untuk menghasilkan Pulsa/Sinyal yang menjadi sumber clock bagi IC Decade Counter 4026B.
Rangkaian Astable IC NE555 digunakan karena dapat menghasilkan Pulsa/Sinyal yang stabil secara continue. Besarnya Delay yang dihasilkan dapat diatur menggunakan Resistor variable pada rangkaian diatas. Dapat juga disesuikan dengan mengganti nilai Kondensor 100uf dan Resistor 10KOhm dengan nilai lainnya.
Berbeda dengan Rangkaian Counter sebelumnya, Pada rangkaian diatas kita tambahkan Button Reset yang akan menset ulang tampilan seven segment ke kodisi awal (Nol).


Sebagai Catatan:
Jika anda tidak menemukkan Komponen-komponen yang anda butuhkan, seperti IC 4026B dipasaran mungkin anda dapat menggantinya dengan IC sejenisnya seperti 74LS48 untuk Driver Seven Segment common Katoda. 74LS48 untuk driver seven segment common anoda.

Keyword: Rangkaian Counter, Rangkaian Astable, IC NE555, Rangkaian Counter dengan IC NE555, Rangkaian Counter Sederhana, Rangkaian Counter dengan Tampilan Seven Segment, Seven Segment, Driver Seven Segment, Rangkaian Seven Segment, Rangkaian Counter Otomatis, Rangkaian Astable IC NE555,

2 komentar:

  1. asyik juga ngeliatnya, makasih sharenya :)

    BalasHapus
  2. Sama-sama gan...
    Terima Kasih atas kunjungan Baliknya...

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!