Sabtu, 02 Juli 2011

Pengendali Rangkaian Beban Arus Tinggi

Dalam dunia otomasi saat ini, Penggunaan Relay masih menjadi Pilihan yang tepat untuk mengendalikan beban arus tinggi. Karena mengingat kemampuannya yang dapat mengendalikan dan mengontrol Rangkaian Beban Arus Tinggi menggunakan Rangkaian Pengendali Arus Rendah.
            Pada Kesempatan kali ini, Andiero akan membahas contoh rangkaian Pengendali Beban Arus Tinggi menggunakan Relay Elektromekanis. Sebelum berlanjut ke pembahasan utama, ada baiknya jika terlebih dahulu anda melihat artikel sebelumnya mengenai relay ini:
  1. Rangkaian Relay Sederhana
  2. Rangkaian Relay Holding
Berikut ini adalah contoh rangkaian pengendali beban arus tinggi menggunakan relay elektromekanis.

Gambar Skema Pengendali Rangkaian Beban Arus Tinggi

Prinsip Kerja Skema Pengendali Rangkaian Beban Arus Tinggi:
Pada Rangkaian Pengendali Beban Arus Tinggi di atas, terdiri dari tiga rangkaian utama yaitu Rangkaian Saklar Otomatis Menggunakan Transistor, Rangkaian Kontrol Arus Rendah, Rangkaian Beban Arus Tinggi.
            Rangkaian Saklar Otomatis tersebut akan kita hubungkan ke controller. Controller atau Pengendali dapat berupa PC ataupun Mikrokontroler. Ketika Kontroler memberikan Input ke Rangkaian tersebut maka arus akan mengaktifkan Transistor yang juga akan mengaktifkan relay.
            Ketika Relay berkerja, maka posisi kontak NO akan tertutup sehingga Arus tegangan tinggi akan lewat dan juga akan mengaktifkan lampu.
Untuk Contoh Aplikasi Penggunaan Relay Adalah Sebagi Berikut:
Aplikasi diatas merupakan satu diantara sekian banyak aplikasi menggunakan relay. Tergantung bagaimana cara pandang dan cara berpikir anda.

Demikianlah Tutorial Elektronika kali ini yang dapat saya berikan. Jika ada Saran, Kritik atau Pertanyaan dapat anda ajukan menggunakan komentar di Blog ini.

Selamat Belajar dan Tetap Semangat Bereksperimen!

Keyword: Rangkaian Pengendali Beban Arus Tinggi, contoh rangkaian Pengendali Beban Arus Tinggi menggunakan Relay, Saklar Otomatis Menggunakan Relay, Saklar Otomatis Menggunakan Transistor, Rangkaian Beban Arus Tinggi

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!