Minggu, 26 Juni 2011

Rangkaian Sensor Level Sederhana

Andiero. Dalam dunia elektronika, Sensor Level memiliki banyak fungsi tapi umumnya digunakan untuk mendeteksi level ketinggian dari suatu material baik Solid ataupun liquid. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana membuat rangkaian sederhana dari sensor level yang akan kita gunakan untuk mendeteksi level ketinggian dari air di bak penampungan. Namun kali ini, Sensor Level ini hanya berguna sebagai indikator untuk memberitahukan jika air di bak penampungan telah mencapai kondisi full.

Bagi teman-teman yang mencari contoh rangkaian sensor level sederhana || Rangkaian Sensor Air, berikut ini Andiero akan bagikan contoh rangkaian sensor air sederhana namun memiliki kinerja yang efektif jika kita gunakan.
Rangkaian sensor level sederhana ini hanya memamfaatkan transistor sebagai saklar otomatis dalam prinsip kerjanya. Sebelum kita mulai lebih jauh lagi, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengumpulkan komponen elektronika untuk membuat rangkaian sensor air.
Rangkaian Sensor Level Sederhana. Adapun komponen yang kita butuhkan antara lain sebagai berikut:
  1. Transistor 2N2222A
  2. Relay 5 Volt atau yang 12 Volt
  3. Resistor 1kOhm atau 100kOhm
  4. Buzzer/Speaker
  5. Kawat 2 Buah

Untuk contoh rangkaian sensor air ini adalah sebagai berikut:
Rangkaian Sensor Level Sederhana

Gambar Rangkaian Sensor Level Sederhana

Sedikit penjelasan mengenai Prinsip Kerja Rangkaian Sensor Air diatas adalah sebagai berikut:
Fungsi utama rangkaian sensor air tersebut adalah untuk memberitahukan kita ketika permukaan air telah meninggi atau jika kita gunakan dalam bak air maka rangkaian sensor tersebut dapat memberitahukan kita jika bak air telah penuh.
Ketika permukaan air menyentuh ujung-ujung kedua kawat, maka arus listrik dari baterai akan mengalir dan mengaktifkan saklar otomatis. Saklar otomatis tersebut juga akan mengaktifkan relay sehingga Buzzer akan menyala dan memberitahukan pengguna jika Bak air telah penuh.

Bagi anda yang tinggal di tempat yang rawan banjir, Rangkaian sensor level tersebut dapat kita gunakan juga untuk memberitahukan kita jika permukaan air telah meninggi. Hal tersebut pernah saya alami ketika rumah saya kebanjiran dan air telah menggenangi sebagian kamar saya.
Untuk itu, kita dapat meletakkannya pada tempat yang memungkinkan untuk memprediksi bencana banjir di rumah kita sendiri. Sehingga kita dapat mengantisipasi sebelum banjir benar-benar merugikan kita.


21 komentar:

  1. apa tidak akan menyebabkan air jadi menghantar arus?

    BalasHapus
  2. @randu simaremare , itulah tujuannya!
    ketika air telah sampai pada kawat, hal tersebut akan membuat hubungan antara kawat 1 dan yang lain sehingga arus dari sumber dapat mengalir kerangkaian dan mengaktifkan relay yang selanjutnya mengaktifkan BUzzer.

    Jika anda khawatir arus akan mengalir ke air dan membahayakan? Bukankah sumber yang dipakai menggunakan Baterai 9V dengan arus yang tidak sampai 2A. Lantas apakah dapat membahayakan?

    BalasHapus
  3. bsa bantu kah gan, gmna rangkaiannya kalau sensor banjir di aplikasikan untuk mematikan listrik buat rumah tinggal atau memadamkan instalasinya..
    tolong dibantu yaa gan solusinya . .

    BalasHapus
  4. @wahyou thanks sob atas pertanyaannya:
    sebenarnya cukup mudah. anda tinggal menghubungkan relay kerangkaian catu daya listrik utama di rumah anda. sebaiknya sebelum MCB sehingga ketika air telah benar-benar naik, aliran listrik akan langsung putus.
    saran saya, perkuat dulu rangkaian pengaman relaynya untuk rangkaian beban ac.

    terima kasih

    BalasHapus
  5. apakah rangkaian ini bisa disambung langsung Deng pompa air rumahan, misal ada air dari PAM dengan aliran air yang kecil, yang saya inginkan adalah ketika ada air mengalir w/pun sedikit langsung bisa menghidupkan pompa dengan sensor ini agar maksimal dalam menyedot air dari PAM..
    terima kasih
    habibi

    BalasHapus
  6. saya kurang mengerty coba di jelas kan lebih detil lagi

    BalasHapus
  7. Menarik, dengan baterai 9volt sudah pernah dicoba tahan berapa lama ?
    Saya butuh pendeteksi ketinggian muka air untuk pencatat curah hujan.

    Selama ini, saya pergunakan mikrokontroler untuk mencatat banyaknya curah hujan.
    Namun kelemahannya, masyarakat tidak mampu untuk membuatnya sendiri. Jadi mereka menjadi ketergantungan dengan saya.
    Sepertinya dengan rangkaian ini, mereka bisa membuatnya sendiri. Bahkan membuat sebanyak-banyaknya dengan biaya relatif murah sekali. (dibandingkan dengan mikro kontroler dengan segudang feature yang mubazir)

    Kelemahannya, masyarakat harus membuang air hujan dalam penampungan setiap hari dengan interval yang sama.

    BalasHapus
  8. Anda menggunakan transistor 2N2222A, bisa ngak sy ganti dengan A1015? Berpengaruh ngak terhadap pemakaian resistor di araea basis?

    BalasHapus
  9. Apakah jalur yang masuk ke air itu negatif?kalau begitu bolehkah ground dari transistor dan buzzer saya hubungkan ke jalur itu?

    BalasHapus
  10. @Qodrian: Bukan. Jalur yang digunakan adalah Positif, bisa kita lihat dengan jelas dari gambar tersebut, dua buah kawat kita tarik ke supply dan yang lainnya ke saklar elektronik( Transistor).

    Selamat mencoba

    BalasHapus
  11. saya mau tanya ..apa ada sensor arus untuk mengetahui isi baterai penuh atau tidak ..kalo ada apa namanya ?? terima kasih.

    BalasHapus
  12. perhitungan R yang di gunakan itu dari mana ?

    BalasHapus
  13. keluaran yg dari transistor dan buzzer itu ke ground atau kemana?

    BalasHapus
  14. @Dapot Pandiangan
    Gan, Simbol Ground dalam elektronika itu menggambarkan kutub negatif dalam batere gan.
    bukan ke pembumian...

    BalasHapus
  15. Bisa gak Buzzer nya diganti dengan lampu LED?

    BalasHapus
  16. Selain buzzer yg bisa timbul suara ap aj?

    BalasHapus
  17. @Ludhi : Output yang digunakan disana buzzer tanpa ada rangkaian pengubah frekuensi yang jelas suaranya seperti buzzer biasa.

    BalasHapus
  18. ok gan terima kasih ya rangkaian nya bekerja 100% ....oh ia gan klu pke transistor yg slain 2N2222A bisa ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan. Transistor disana digunakan sebagai Switch. Jadi klo digunakan Transistor tipe lain masih bisa.

      Hapus
  19. kalau sensor buat permukaan air mulai rendah gimana tuh gan ? mohon bantuannya ya :D :D: D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya gan "permukaan air mulai rendah"?

      Hapus

Need Your Comments, Please !!!