Kamis, 16 Juni 2011

Antarmuka Mikrokontroler PIC16F877A dengan Led Driver

Interfacing Microcontroller PIC16F877A with Led Driver. Pada Praktikum Mikroprosessor yang saya ikuti beberapa waktu yang lalu, Kami diajarkan menggunakan Modul Mikrokontroler PIC16F877A. Bahasan pertama yang saya dapat adalah antarmuka PIC16F877A dengan Led Driver. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika saya bagikan apa yang saya pelajari dalam bentuk Tutorial Mikrokontroler PIC16F877A berikut ini.


Untuk Pemrograman Mikrokontroler PIC16F877A, saya menggunakan Software mikroC PRO for PIC dan bahasa yang digunakan adalah bahasa C. Jadi saya rasa akan sedikit membantu jika anda pernah mencoba software CodeVision AVR untuk Mikrokontroler AVR buatan ATmel.
Untuk tutorial Penggunaan Software mikroC PRO for PIC mungkin dapat anda lihat pada Postingan sebelumnya atau anda Klik disini untuk mendownload tutorial penggunaan software mikroC Pro for PIC atau saya sarankan anda mempergunakan file HELP dengan baik dari setiap Software.
Oke langsung saja kita masuk ke pembahasan utama kita, Interfacing Microcontroller PIC16F877A with Led Driver. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Hubungkan Led Driver dengan Port B Mikrokontroler PIC16F877A.
  2. Selanjutnya Buka Software mikroC Pro for PIC yang telah terinstall di komputer atau laptop anda.
  3. Buat sebuah project baru dengan mengklik menu Project dan pilih New Project atau tekan bersamaan Shift + Ctrl + N.
  4. Akan muncul Jendela New Project Wizard. Klik Next, Pilih Chip yang kita gunakan, Disini kita menggunakan PIC16F877A. Tentukan Device Clock dari Chip yang digunakan. Isi 8 Mhz. Pilih tempat untuk menyimpan file dan nama file. Klik Next. Klik Next lagi.Klik Next lagi dan Klik Finish.
  5. Selanjutnya anda akan disediakan coding utama dari wizard yang anda buat kurang lebih seperti ini.

Gambar.1 Contoh Code Program MicroC Pro for PIC
  1. Selanjutnya kita akan membuat Program Led Berjalan menggunakan Bahasa C untuk Mikrokontroler PIC16F877A untuk Proyek Pertama Kita. Ketikan Coding berikut di tempat yang disediakan.

Gambar.2 Contoh Program LED berjalan pada PIC16F877A
  1. Kompile Program buatan anda dengan mengklik menu Build dan pilih Build atau tekan bersamaan Ctrl + F9.
  2. Program Led Berjalan yang kita buat akan menyala 4 buah Led secara bergantian terus menerus dengan delay 100mS.
  3. Untuk Melihat Hasil Program Buatan anda, anda dapat menggunakan software Real PIC Simulator untuk mensimulasikan hasilnya.
Tutorial diatas telah dicoba menggunakan Software Real PIC Simulator untuk mensimulasikan hasilnya. Untuk mendownload File ke Mikrokontroler, Silakan anda Cari sendiri materinya di Blog lain atau anda dapat mengetikkan keyword ini di google "Cara Download Program Mikrokontroler PIC" atau "Downloader untuk Mikrokontroler PIC".

    0 comments:

    Posting Komentar

    Need Your Comments, Please !!!