Minggu, 29 Mei 2011

Pengolahan Citra Menggunakan VB: Image Stretch


Tutorial Digital Image Processing Using Microsoft Visual Basic 6.0. Pada Tutorial Pengolahan Citra Digital kali ini, Andiero akan membahas tentang bagaimana membuat sebuah image digital memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran PictureBox yang digunakan secara otomatis.

Untuk menyesuaikan ukuran gambar dengan PictureBox dimaksudkan untuk mendapatkan data gambar secara menyeluruh tanpa ada pemotongan data gambar. Caranya yaitu dengan mengatur scala tinggi dan lebar dari gambar yang digunakan agar sama dengan yang dimiliki oleh PictureBox. Pengaturan scala ini dilakukan secara otomatis menggunakan script perintah Visual Basic.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka program Microsoft Visual Basic 6.0 yang telah terinstal di komputer anda.
  2. Buat sebuah project baru. Pilih STANDART EXE.
  3. Tambahkan beberapa komponen seperti berikut, dua buah PictureBox dan sebuah Command Button.
  4. Ubah properties Picturebox untuk ScaleMode menjadi : 3-Pixel. Pilih gambar apapun yang bias anda gunakan.
  5. Atur tampilannya sedemikian rupa atau tampak seperti gambar berikut:
 Gambar.1 Layout Program Pengolahan Citra
  1. Selanjutnya ketikan script Visual Basic yang berisi perintah kurang lebih seperti perintah Program Pengolahan Citra (Image Processing) Sebelumnya (Konversi Format Citra RGB ke Greyscale Menggunakan Viusal BAsic 6.0) seperti gambar berikut.
 Gambar.2 Contoh Program Pengolahan Citra Menggunakan Visual Basic
  1. Jalankan program yang telah anda buat.
  2. Hasilnya akan seperti gambar berikut.
Gambar.3 Hasil Konversi Ukuran Gambar

Image Stretch dibuat dengan tujuan untuk mempermudah kita melakukan pengaturan/penyesuaian ukuran gambar dengan PictureBox sehingga tidak ada bagian yang terpotong atau hilang.
Selanjutnya anda dapat melakukan konversi citra berwarna menjadi citra greyscale atau citra negative dan sebagainya dengan gambar yang ingin anda olah.
Program pengolahan Citra menggunakan Visual Basic ini diharapkan dapat membantu teman-teman yang sedang mendalami tentang pengolahan citra digital.

 Untuk Download Source COde dari Program Diatas, memang tidak desediakan dengan tujuan agar kita tidak menjadi Orang yang malas belajar dan inginnya yang Instant. Harap Dimaklumi. 
Jika ada kesulitan mungkin, silakan meninggalkan komentar di blog saya. Saya akan menjawab semampunya. (tergantung Internetan Apa nggak, banyaknya Nggak)

Kunjungi Blog-blog saya untuk belajar lebih banyak tentang Visual Basic:



Keyword: Pengolahan Citra Digital, Konversi Citra Berwarna ke Citra Negatif, Program Pengolahan Citra Digital, Tutorial Pengolahan Citra Digital, Pengolahan Citra Digital Menggunakan Visual Basic, Contoh Program Pengolahan Citra Digital menggunakan Visual Basic, Image Processing, Digital Image Processing, Image Processing Using Visual Basic.

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!