Selasa, 24 Mei 2011

Berkerja dengan Dua Form

Andiero. Tutorial Visual Basic kali ini sebenarnya merupakan jawaban atas pertanyaan beberapa orang teman tentang Bagaimana Berkerja Menggunakan Dua Form Atau Lebih Pada Visual Basic 6.0 .

Beberapa pertanyaan mereka kurang lebih seperti berikut:
Bagaimana menggunakan dua form secara bergantian pada visual basic ?
Caranya sederhana. Kita cukup gunakan perintah sebagai berikut:

Nama_Form.Show

Sebagai contoh, saya akan menggunakan dua buah form secara bergantian. Ketika saya menekan button 1 di form 1 maka form 1 akan menutup dan form 1 akan tampil dan ketika saya menekan button 1 di form 2 maka form 1 akan membuka dan form 2 akan menutup. Perintahnya adalah sebagai berikut.

Private Sub Command1_Click()
Form2.Show
Unload me
End Sub
Private Sub Command1_Click()
Form1.Show
Unload me
End Sub

Perintah unload me kita gunakan untuk mengakhiri tugas sebuah aplikasi dalam hal ini adalah satu diantara dua form. Anda dapat menggunakan perintah lainnya seperti :
Nama_Form.Hide

Bagaimana mengontrol|mengendalikan sebuah kontrol di form lain ?
Misalnya saya ingin menampilkan tulisan di label 1 pada form dua dengan cara menekan/mengklik button 1 pada form 1. Caranya cukup dengan menggunakan perintah sebagai beikut:

Nama_Form.Nama_Kontrol.Variabel_Kontrol = “Content”

Sebagai contohnya:

Private Sub Command1_Click()
Form2.Label1.Caption = "Saya mengklik button 1 di form 1"
End Sub

Private Sub Form_Load()
Form2.Show
End Sub

Untuk hasilnya silakan lihat di gambar:


Mudah sekali bukan! Silakan anda coba sendiri di rumah, Semoga Bermamfaat!

Lihat juga blog saya di:


KeyWord: Tutorial Visual Basic, Berkerja Menggunakan Dua Form, mengendalikan sebuah kontrol di form lain, visual basic

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!