Jumat, 15 April 2011

Membuat Program Editor Sederhana

Andiero.Program editor merupakan program yang digunakan untuk membuat naskah,editing dan lain sebagainya yang terkait dengan tulisan. Contoh program editor adalah seperti notepad.exe, sebuah program editor bawaan dari windows. Namun pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana membuat sebuah program editor sederhana menggunakan visual basic.
Untuk membuat program editor sederhana ini relatif cukup mudah. Khususnya bagi anda yang telah memiliki background proggraming yang terbilang cukup. Yap mungkin Andiero langsung saja mengulas bagaimana langkah-langkah membuat form editor sederhana menggunakan visual basic ini. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.    Buka program visual basic yang telah terinstal di komputer anda. Dalam hal ini Andiero menggunakan Visual Basic versi 6.0.
2.    Buat sebuah project baru. Dan pilih Standart EXE.
3.    Sebelumnya anda tambahakan dulu dua komponen baru dari visual basic yaitu RichtextBox dan CommonDialog. Caranya klik Project>>Components… atau cukup tekan Ctrl + T. selanjutnya pada jendela components, berikan centang pada Microsoft Common Dialog Control 6.0 dan Microsoft Rich Textbox Control 6.0.
4.    Selanjutnya pada form desain, tambahkan sebuah RichTextBox Control, CommonDialog Control dan dua buah Command Button Control dan desain seperti gambar.1 berikut.

 
Gambar.1 Tampilan Program Editor Sederhana menggunakan Visual Basic
5.    Atur propertiesnya sedemikian rupa. (Andiero melakukan perubahan properties pada bagian-bagian yang dianggap penting. Anda dapat melihat dan menganalisanya berdasarkan program yang dibuat.)
6.    buka jendela code dan ketika script berikut:
Dim nama_file As String
7.    klik dua kali button save dan ketikan script basic berikut
CmnDialog.Filter = "Text (*.txt)|*.txt" 'file type hanya berekstensi .txt
CmnDialog.FileName = "*.txt" 'filename default
CmnDialog.CancelError = True 'Nilai cancel true

On Error GoTo tangani_error 'jika ada error loncat ke pesan_error
CmnDialog.ShowOpen 'membuka jendela open
nama_file = CmnDialog.FileName '

On Error GoTo pesan_error
RtfEditor.LoadFile nama_file 'menampilkan file yang di buka ke rtfeditor
Exit Sub

pesan_error: 'penanganan error
    MsgBox "Tidak dapat membuka File", vbCritical
tangani_error:
8.    klik dua kali button open dan ketikan script berikut
CmnDialog.Filter = "Text (*.txt)|*.txt"
CmnDialog.CancelError = True

On Error GoTo pesan_error
CmnDialog.ShowSave
nama_file = CmnDialog.FileName

On Error GoTo tangani_error
   RtfEditor.SaveFile nama_file, rtfText
   
Exit Sub

pesan_error:
    MsgBox "File Tidak dapat di Eksekusi!", vbCritical, "Peringatan!"
tangani_error:

9.    selesai. Jalankan program yang telah anda buat dan uji cobakan dengan membuat sebuah tulisan dan dan menyimpannya. Selanjutnya coba buka tulisan yang anda buat. Jika tidak ada error, program telah berhasil anda buat. Lihat gambar.2 berikut:

Gambar.2 Menjalankan Program
10.    Coba untuk mengembangkan programnya sehingga memiliki fungsi dan fitur yang lebih canggih lagi. Contohnya seperti gambar.3 berikut
Gambar.3 Program Editor.Exe buatan Andiero

Tutorial Membuat Program Editor sendiri menggunakan Visual Basic 6.0 ini semoga dapat menambah materi latihan teman-teman yang sedang belajar Pemrograman Menggunakan Visual Basic 6.0. Selain itu juga Teman-teman bisa belajar dan mencari tutorial Visual Basic 6.0 lainnya di Blog saya ini yang juga tak kalah menariknya dengan Membuat Program Editor Sendiri diatas.

Keyword: Membuat program sederhana menggunakan visual basic, membuat aplikasi sederhana menggunakan visual basic, program sederhana dengan visual basic, aplikasi sederhana visual basic, tutorial visual basic, tips dan trik visual basic, programming with visual basic, made a simple program with visual basic, contoh program visual basic, listing program visual basic, programer visual basic, membuat program editor sederhana, membuat program editor sederhana menggunakan visual basic, program editor sederhana dengan visual basic.

2 komentar:

Need Your Comments, Please !!!