Senin, 02 Agustus 2010

Interfacing Serial Port PC (BAG.I)

"Karena hampir sebulan penuh saya tidak membuat postingan sehingga membuat sebagian pengunjung blog ini menghindar. Namun untuk menutupi itu semua kali ini saya selaku pengelola akan mengulas kembali sebagian besar isi blog ini."

    Atmel salah satu vendor yang bergerak dibidang mikroelektronika,telah mengembangkan AVR (Alf and Vegard's Risc processor) Sekitr tahun 1997. Berbeda dengan mikrokontroler MCS51,AVR menggunakan arsitektur RISC (Reduce Instruction Set Computer) yang mempunyai lebar bus data 8 bit.
    Perbedaan ini bisa dilihat dari frekuensi kerjanya . MCS51 memiliki frekuensi kerja seperduabelas kali frekuensi kerja osilator sedangkan frekuensi kerja AVR sama dengan frekuensi kerja osilator. Jadi dengan frekuensi osilator. Jadi dengan frekuensi osilator yang sama,kecepatan AVR duabelas kali lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan MCS51. Secara umum AVR dibagi menjadi 4 kelas,yaitu Attiny,AT90Sxx,ATMEGA dan AT86RFxx. Perbedaannya hanya terletak pada fitur-fitur yang ditawarkan,sementara dri segi arsitektur dan set intruksi yang digunakan hampir sama.
(dikutip dari buku Pemrograman Bahasa C untuk Mikrokontroler ATMEGA8535 oleh M.Ary Heryanto,ST dan Ir.Wisnu Adi P.)

Konfigurasi Pin ATMEGA8535
    Untuk melihat konfigurasi pin dari ATMEGA8535 ini sebaiknya anda membaca langsung datasheetnya. Salah satunya di alldatasheet.com.

Gambar 1. Pin I/O Atmega 8535

    Dan untuk rangkaian Sistem Minimal dari ATMEGA8535 dapat anda lihat gambar 2.
 Gambar 2. Sistem Minimum ATMEGA8535

    Dari gamabar kita bisa melihat jika PORT A akan kita hubungkan pada rangkaian LED yang akan kita buat.

Pemrograman Bahasa C
    Disini saya hanya akan membahas sebagian kecil dari bahasa C ini.
Contoh Listing Program C.

#include

// Standard Input/Output functions

// Declare your global variables here

void main(void)
{
// Declare your local variables here


while (1)
      {
      // Place your code here

        };
}

 Struktur penulisan bahasa C pada dasaranya terdiri dari 4 bagian utama yakni :
•    Header, berisi include file yang akan kita gunakan.Sebagai contoh dari program diatas kita menggunakan file  "#include ". Yang merupakan library dari file mega8535.
•    Deklarasi Variabel secara global
•    Fungsi prosedur
•    Program utama

    Sebenarnya pada programan C ini kita cukup menuliskan program utamanya saja. Dan juga untuk mempermudah kita,kita cukup gunakan software Bantu seperti Codevision AVR.
    Dan saya sendiri tidak akan mengajarkan tentang pemrograman ini. Jujur hal ini dikarenakan saya sendiri masih kurang menguasai bahasa C ini. Jadi maaf jika nanti banyak kurangnya.

bersambung ke bag.2

1 komentar:

  1. interfacing port serial menggunakan visual basic relatif mudah. Namun tahukah anda jika kita juga bisa menggunakan Matlab dengan GUI-nya untuk membuat interfacing serial port terlihat lebih mudah.
    temukan caranya dan sharekan dengan semua.
    elektronika00.tk

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!