Minggu, 04 Juli 2010

Sistem Bilangan

    Dalam dunia elektronika khususnya elektronika digital, erat kaitannya dengan bilangan-bilangan selain decimal.  Kita juga akan mengenal bilangan biner , bilangan hexadesimal dan juga bilangan oktal. Untuk mendapatkan bilanagn -bilangan tersebut , kita dapat melakukan konversi terhadap sebuah atau lebih bilangan desimal.
    Untuk definisi dari bilangan-bilangan tersebut mungkin  saya akan sedikit menjelaskannya. Selebihnya dapat dicari lewat Om Google atau Tante Yahoo! . he...he...he...

Bilangan Biner (Binary Digit)

    Merupakan bilangan yang terdiri dari dua simbol 0 dan 1. Bilangan ini merupakan cikal bakal dari sistem digital yang kita kenal sekarang. Dan menjadi logika utama sebuah "Otak Buatan" .  1 menyatakan logika high (on) dan 0 menyataka logika low (off).
 Contoh bilangan ini 101 menyatak 5 dalam desimal.

Bilangan Desimal
    Bilangan yang paling familiar dalam kehidupan kita . sekumpulan angka yang terdiri dari 0 hingga 9 . dan berfungsi untuk menyatakan banyak hal. Contohnya 1000 (seribu).

Bilangan Hexadesimal
    Bilangan Hexadesimal merupakan bilangan yang paling bervariasi terdiri dari 16 simbol. Yakni 0 hingga 9 ditambah A, B, C, D, E ,dan F. Bilangan ini juga sering digunakan terutama untuk menyatakan suatu code tertentu seperti code warna. Misal Hitam &H00 dan Merah &HFF (&H menunjukan cara penulisan sedangkan 00 setara nilai 0 sedangkan FF setara 255 dalam desimal).

Bilangan Oktal
    Bilangan Oktal merupakan sekumpulan bilangan yang hanya terdiri dari simbol 0 hingga 7. Hingga saya menulis ini sendiri , saya masih penasaran akan kegunaan bilangan ini.



Konversi bilangan.


Dan bagaimanakah keterkaitan antara satu bilangan dengan bilangan lainnya? Mungkin saya juga tidak akan menjelaskannya disini, silakan dicarai di Om Google dan Tante Yahoo! Bila perlu sama dek Bing dan abang wiki(wikipedia) klo nggak dapet cari di Mbak Altavista atau keluarga besar search engine lainnya deh...terserah...

Saya akan menjelaskan sedikit tentang keterkaitan antara satu bilanag dengan yang lainnya.

Desimal dan Biner

Kita akan mencari nilai 7 desimal dlam biner ?
Caranya
7 dibagi 2 hasilnya 3 dan meyisakan 1 (disimpan) selanjutnya 3 dibagi 2 hasilnya 1 dan menyisakan 1 jadi hasilnya 111 dalam biner. Atau bisa lihat digram dibawah:
Dan untuk mengkonversi bilangan tersebut ke desimal :
(1 x 2^0) + (1x2^1 )+ (1x2^2 )= 1+2+4 = 7  (correct)



Dan bagaimana untuk melakukan konversi bilangan secara software.....?

Artikel selanjutnya akan membahas bagaimana membuat software pengkonversi bilangan desimal kedigital menggunakan visual basic

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!