Jumat, 04 Juni 2010

Membuat Sistem Pengendali Lampu Taman Sederhana dengan Port Paralel Komputer

    Bahasan kali ini sebenarnya sudah cukup tua. Karena pembahasan mengenai port paralel telah banyak dibahas oleh para ahlinya. Dan penggunaannya juga sekarang mulai ditinggalkan. Mengingat sekarang hampir semua komunikasi antara manusia dan mesin ( HMI) banyak menggunkan port USB yang semakin praktis. Tapi apa salahnya jika saya kembali membahas mengenai aplikasi dan penggunaan port paralel sebagai media pengendali otomatis.
    Kali ini kita akan menggunakan porty paralel sebagai saklar otomatis pengendali listrik rumahan(Sebagai Objek yang akan dikendalikan adalah lampu taman). Untuk saklar yang menghubungkan antara Listrik rumahan dan komputer kita gunakan sebuah relay spst 9-12 volt. Rangkaiannya dapat dilihat digambar.1


Gambar.1 rangkaian pengendali lampu taman

    Dan program yang kita gunakan adalah Visual basic 6.0. Karena program ini sangat praktis apalagi kita juga dapat mensimulassikan kasusu yang kita buat.
Langsung saja kita akan membuat program yang akakn kita gunakan untuk sistem pengendali lampu taman menggunakan port paralel.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
>>Hubungkan rangkaian sistem anda ke Port paralel Komputer,kemudian buka program visual basic 6.0 (Sudah terintal di komputer)
>>Buat folder baru beri nama project dan simpan file inpout32.dll di folder tersebut
>>Saya telah menganggap jika anda telah mampu menguasai VB 6.0 ini
>>Buat tampilan Form seperti ini
Gambar.2 layuot Program

>>Tambahkan sebuah modul dan copykan listing ini
Public Declare Function Inp Lib "inpout32.dll" _
Alias "Inp32" (ByVal PortAddress As Integer) As Integer
Public Declare Sub Out Lib "inpout32.dll" _
Alias "Out32" (ByVal PortAddress As Integer, ByVal value As Integer)
Public Declare Sub sleep Lib "kernel 32" (ByVal dwMilliseconds As Long)

>>Bisa juga di jendela code. Anda tinggal mengganti public menjadi private

>>Selanjutnya copy listing program berikut ke jendela code
Private Sub taman_Click()
If taman.Caption = "Taman_off" Then
taman.Caption = "Taman_on"
taman1.Caption = "Taman1_on"
taman2.Caption = "Taman2_on"
Out 888, 3
led1.FillColor = vbYellow
led2.FillColor = vbYellow
Else
taman.Caption = "Taman_off"
taman1.Caption = "Taman_off"
taman2.Caption = "Taman_off"
Out 888, 0
led1.FillColor = vbBlack
led2.FillColor = vbBlack
End If
End Sub

Private Sub taman1_Click()
If taman1.Caption = "Taman1_off" Then
taman1.Caption = "Taman1_on"
Out 888, 1
led1.FillColor = vbYellow
taman.Caption = "Taman2_off"
taman2.Caption = "Taman2_off"
led2.FillColor = vbBlack
Else
taman.Caption = "Taman2_off"
taman1.Caption = "Taman1_off"
Out 888, 0
led1.FillColor = vbBlack
End If
End Sub

Private Sub taman2_Click()
If taman2.Caption = "Taman2_off" Then
taman2.Caption = "Taman2_on"
Out 888, 2
led2.FillColor = vbYellow
taman.Caption = "Taman2_off"
taman1.Caption = "Taman1_off"
led1.FillColor = vbBlack
Else
taman.Caption = "Taman2_off"
taman2.Caption = "Taman2_off"
Out 888, 0
led2.FillColor = vbBlack
End If
End Sub

>>simpan program anda di folder project yang sam dengan file inpout32.dll tadi dan silakan jalankan program yang anda buat.

Silakan download scriptnya disini.
Silakan download artikelnya disini

Baca juga semua artikel yang terkait

20 komentar:

  1. mas mau tanya,kalo lampu rumah tangga disimulasiin pake LED bs gak?gmn caranya?tks.

    BalasHapus
  2. saya msh belum mengerti ni,kalo lampu tamannya diganti pake led bisa ga?trims

    BalasHapus
  3. Bisa. Tapi untuk rangkaian di atas terlalu sayang jika dihubungkan dengan LED.
    Untuk LEd Sebaiknya langsung dihubungkan dengan pin data dan gunakan Resistor 220 Ohm.

    BalasHapus
  4. sy newbie nih mas, saya sangat tertarik dengan artikel ini. yang mo saya tanya kalo jumlah lampunya lebih dari 8 gimana skematik dan programnya mas... mohon pencerahanya. makasih...

    BalasHapus
  5. mas tolong bikinin saya rangkaiannya dong, nanti saya gantiin, thanks yudi(08128998341)

    BalasHapus
  6. mas klo pengontrolannya melalui port ethernet gmna ya mas...
    tolong bantuannya dong mas...
    sekalian sekema rangkaiannya gmna ya mas...

    BalasHapus
  7. Sejujurnya nggak pernah nyoba pake port ethernet mas.
    Klo nggak salah maennya ama TCP/IP? agak mudeng juga mas

    BalasHapus
  8. mas maaf saya baru gabung.. saya tertarik nie sama artikelnya tapi saya mau tanya untuk rangkaiannya bisa gak di kasih tau ama saya tipe kompunen yang di gunakan... tolong kirim ke email saya ya mas thanks....
    didi.fajar1@gmail.com

    BalasHapus
  9. to Fajar:

    Komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian pengendali tersebut seperti:
    Port DB25 (Paralel Port) Male (jantan)
    Relay 12 Volt
    Transistor (Tipe Biasa saja seperti 2N2222A)
    Resistor 10KOhm atau 100KOhm

    Untuk Jumlah Relay,Transistor, dan Resistor Sesuai Kebutuhan Anda.
    Untuk Rangkaiannya bisa dilihat diatas.

    Jika ingin menambahkan Jumlah Lampu yang ingin dikendalikan, Tambahkan saja rangkaiannya yang sama.

    BalasHapus
  10. Mas saya sangat tertarik dengan artikel ini, dan saya sangat ingin bsa membuatnya....
    dan berencana untuk menggunakannya sebagai proyek tugas akhir saya.
    bisa minta rangkaian lengkap, komponen - komponen yang digunakan beserta program di VB nya. Trimakasih. kirimkan ke emailku jika bsa : yulianmusli@gmail.com

    BalasHapus
  11. mas saya uda membuat rangkaiannya, tapi saya masih bingung. itu rangkaianya make lampu led atau lampu untuk di pijar.
    tolong bantuannya mas..
    kirim ke email saya ya mas.
    didi.fajar1@gmail.com

    BalasHapus
  12. @fajar.
    sumbernya jelas menggunakan sumber AC. jadi yang digunakan lampu pijar mas. klo led, nggak usah gunain relay.
    baca juga materi lainnya. saya sempat update yg terbaru.

    BalasHapus
  13. makasih ya mas.. biar saya coba dulu ..
    kalau ada kendala.. tolong bantuannya ya mas..

    BalasHapus
  14. mas maaf mas..
    kalau saya kurang nangkap tentang artikel mas..
    saya sudah membuat rangkaiannya..
    yg saya mau tanya.. itu kan menggunakan arus 9 vol yg masuk dari relai..
    jadi untuk menghidupkan lampu pijar harus menggunakan arus rumahan..
    jadi yg mau saya tanya.. dari mana kita masukkan arusnya. tolong bantuannya ya mas..

    BalasHapus
  15. mas saya dapat kendala di prangkatnya yaitu port paralelnya..
    bisa gak di ganti dengan yg lain..
    tolong bantuannya

    BalasHapus
  16. mas saya mau tanya, untuk bikin inpout32.dll nya gimana?

    BalasHapus
  17. mas kenapa programnya saat saya jalankan, dia erorr dan langsung otomatis keluar..
    tolong bantuannya..

    BalasHapus
  18. mas........
    kog programnya kalau ijalankan langsung method eror

    BalasHapus
  19. maaf mas mau tanya...kalau rangkaian di atas bisa menggunakan kabel DB 25 to USB...???

    BalasHapus
  20. mas klo rangkaian diatas bisa menggunakan kabel DB 25 to USB...???

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!