Jumat, 18 Juni 2010

Membuat Sendiri Rangkaian Driver Motor Stepper

    Untuk menggerakan motor stepper, kita tentunya membutuhkan sebuah rangkaian driver karena stepper membutuhkan supply tegangan dan arus yang cukup besar untuk dapat beropersi. Untuk membuat rangkaian driver ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita hanya membutuhkan beberapa komponen seperti transistor, dioda dan juga resistor. Adapun rangkaian yang akan kita buat adalah seperti gambar.1 dibawah

Gambar.1 Driver Motor Stepper

    Pada rangkaian driver motor stepper tersebut, kita cukup menggunakan transistor tipe NPN 2N2222 dan dioda 1N4001. Dapat juga kita gunakan transistor dan dioda dengan tipe yang berbeda. Karena Fungsi transistor disana adalah sebagai saklar elektris. Dan ujung-ujung pin dari rangkaian tersebut akan kita hubungkan pada sinyal input yang akan kita berikan pada motor stepper.
    Pin PA0 hingga Pin PA3 akan kita hubungkan pada jalur output di mikrokontroler yang kita gunakan.  Sedangkan supply tegangan akan kita berikan dari luar tergantung kebutuhan atau tipe Motor Stepper yang kita gunakan. Bisa 5 volt,12 volt bahkan 24 volt.
    Jika ingin lebih mudahnya kita dapat menggunakan Driver motor Seperti L293D,L298,ULN2003 atau yang lainnya. Sehingga rangkaiannya akan lebih sederhana dan simpel.

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!