Minggu, 27 Juni 2010

Membuat Rangkaian Kombinasional Menggunakan Gerbang Logika

Dalam kehidupan kita, semua hal dapat dinyatakan dalam bentuk yang sesungguhnya atau dengan kata lain sebagai bentuk dasar analog, (baca materi ADC) . Namun bagaimana dengan komputer yang hanya mengenal data digital berupa bilanagan biner 1 dan 0?
Sebenarnya komputer adalah sekumpulan rangkaian yang terintegrasi dalam sebuah chip dan terhubung keberbagai peralatan yang menunjang kinerjanya untuk menghasilkan informasi untuk kita. Nah, Bagian utamnya adalah sebuah Mikroprosesor. Mikroprosesor adalah komponen utam dari komputer,terdiri dari berbagai rangkaian logika yang terintegrasi dalam sebuah chip tadi. Rangkaian logika inilah yang berkerja menurut bilangan digital tadi yang hanya berupa 1 dan 0.
Gerbang Logika adalah suatu fungsi yang akan menghasilkan satu keluaran logika dari beberapa masukan logika dimana  persamaan dari fungsi  gerbang   logika tersebut dituangkan pada suatu persamaan yang disebut dengan persamaan Boolean. Pada dasarnya gerbang Logika hanya terdiri dari 3 gerbang logika dasar, yaitu gerbang AND,  Gerbang  OR dan gerbang NOT. Sedangkan gerbang-gerbang tambahan ain seperti gerbang NAND  dan NOR adalah gabungan dari 3 gerbang logika dasar tersebut. Gerbang NAND adalah gabungan   dari gerbang logika AND dan NOT dan gerbang  NOR adalah gabungan dari  gerbang logika OR dan NOT.    
Rangkaian Kombinasional paling sederhana adalah berupa rangkaian Full Adder yang terdiri dari 3 buah gerbang AND dan 2 buah gerbang EXOR dan sebuah Gerbang OR atau juga dari duah buah Half Adder itu sendiri Rangkaian Full Adder ini digunakan sebagai rangkaian kombinasional untuk kasus penjumlahan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.1 . Pada gambar tersebut dapat kita lihat adanya persamaan dari rangkaian dasarnya. Benar,rangkaian di gambar tersebut menunjukan sebuah rangkaian kombinasional yang terdiri dari 4 buah fulladder ( 8 buah Half Adder) yang membentuk logika penjumlahan 4 bit.. 


Gambar.1 Full Adder 4 bit
Dan Lawan dari rangkaian di atas adalah sebuah rangkaian kombinasional subtraction yang hanya sedikit memodifikai rangkaian full adder dengan menambahkan sebuah gerbang converter. Sehingga sifatnya berubah jadi bentuk logika pengurangan. atau langsung dibuat seperti fungsi dibawah


Gambar.2 Full Adder + Subraction

Rangkaian pada gambar 2 tersebut dapat dimamfaatkan sebagai penjumlahan atau pengurangan tergantung logika yang kita berikan pada sinyal Carry inputnya. 

Coba bayangkan jika kita membuat sebuah rangkaian yang lebih kompleks lagi. Misal 32 bit maka otomatis kita telah mampu membuat sebuah komputer sederhana buatan sendiri. Luar biasakan.



12 komentar:

  1. Luar biasa Mas..., nggak sanggup saya kalau nulis beginian...
    Javasecret.com

    BalasHapus
  2. terima kasih atas respon positifnya dari anda..
    sebenarnya semua orang bisa kok untuk menulis,hanya keinginannya saja yang membedakannya. untuk membangkitkan itu kita cari motivasi dan waktu yang tepat..

    for starluvhie...saya tadi mengunjungi blog ,lebih tepatnya situs dari link anda..kok milik universitas islam indonesia...anda adminnya yah?


    jangan sungka-sungkan untuk berkunjung. Terima Kasih!

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas penjelasan rangkaian kombinasionalnya.

    BalasHapus
  4. Excellent connection diagram! I racked his brains for a long time how could it create one! thanks, really helped in the work;)

    BalasHapus
  5. for clama ,thank's for your coming! i'm very proudly if you want to come again to my blog. and sorry if my english isn't good.;)

    untuk dewi...your welcome..

    BalasHapus
  6. Mantap mas ilmunya..! Saya juga lagi Mencoba untuk menulis Blog mas. mohon bimbingannya, Terima Kasih..!

    BalasHapus
  7. Mau tanya ya...
    Kalo buat 4 bit BCD adder subtractor gmana ya?? Bingung memuat rangkaiannya di multisim..
    Mohon bantuannya..
    Trims..

    BalasHapus
  8. @Hilman Thanks sob atas pertanyaannya.
    Rangkaian Adder Subtractor yang saya buat diatas menggunakan LiveWire. Apapun software yg kita gunakan baik itu livewire,multisim,eagle,visio dan lainnya selama kita memiliki dasar tentang rangkaian logika, saya yakin siapapun bisa membuatnya. silakan gunakan gambar yang saya buat sebagai sample.

    BalasHapus
  9. klo di visio pilih new file yang mana tuh kan banyak pilihannya untuk membuat yang kaya diatas

    BalasHapus
  10. @silvester : Coba anda explorasi sendiri dan selamat belajar.

    BalasHapus
  11. makasih mas untuk materinya sangat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!