Jumat, 04 Juni 2010

Membuat Power Supply Dari Serial Port

   Dalam dunia elektronika (khususnya Arus lemah),power supply akan menjadi hal yang amat sangat dibutuhkan. Kita bisa mendapatkanya dari sebuah baterai ataupun dari sebuah adaptor. Tentunya untuk adaptor kita dapat membuatnya sendiri menggunakan rangakaian penyearah dn transformator. Namun tahukah anda jika kita dapat membuatnya sendiri menggunakan computer kita. Paralel Port, Serial Port dan USB dapat digunakan sebagai sumber tegangan dc. Cukup dengan sedikit modifikasi,kita sudah dapat menggunakannnya.
    Kali ini kita akan mencoba membuat rangkaian power supply menggunakan serial port sebagai sumber catu dayanya. Rangkaiannya dapat dilihat dibawah.

Gambar.1 Rangkaian Catu daya
    Dari gambar tersebut pin yang akan kita gunakan adalah pin TD,DTR dan DTS. Dalam kondisi normalnya DTR dan RTS memberikan tegangan 12 volt namun tegangan ini akan menurun jika ada beban. Penurunan tegangan sekitar 1 sampai 2 volt setiap kenaikan penarikan arus sebesar 1mA. Dan arus maksimum yang dapat ditarik dari serial port ini hanya 7-10mA dan dapat berbeda tergantung pembuat card serial port.

Catatan. Sebaiknya sebelum dicobakan di rangkaian,lakukan pengukuran terlebih dahulu menggunakan Multitester. Cek besar tegangan yang keluar dari serial port sebelum dan sesudah menggunakan rangkaian.

Penulis tidak bertanggungjawab atas penggunaan artikel ini.

Sumber.Buku pegangan I/O BUS dan MOTHERBOARD

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!