Jumat, 04 Juni 2010

Membuat Downloader ISP Mikrokontroler dari Paralel Port||STK200

    Untuk mendownloadkan program yang kita buat ke Mikrokontroler MCS51 atau AVR kita membutuhkan sebuah peripheral tambahan yang mendukung antara  dan Mikrokontroler. Salah satu peripheral yang support dan dapat digunakan sebagai kabel downloader tersebut adalah kabel STK200 yang dapat kita buat sendiri dengan menggunakan DB25 (Parallel Port).
    Komponen yang kita butuhkan hanya Jumper, Black Holsing+Pin Female dan DB25 Male (karena Di PC adalah DB25 Female). Dan Konfigurasinya bias dibuat seperti gambar dibawah:

Gambar.1 STK200

    Dengan rangkaian seperti diatas,kita harus melepaskan hubungan antara Komputer dan Mikrokontroler setelah program selesai kita downloadkan. Karena Mikrokontroler akan mendapat gangguan dari Komputer ketika akan menjalankan intruksinya di port 1 . Namun unuk mengatasi hal tersebut kita dapat menambahkan rangkain kita dengan sebuah IC buffer.

3 komentar:

  1. koq aku nyobha gagal...??

    BalasHapus
  2. mungkin anda dapat mencoba:
    1.menggunakan Atmel Isp Programer download disitus resminya. Atau gunakan Softwarte isp yang lainnya.
    + jika anda menggunakan ISP Programer buatan Asim Khan,memang tidak support. Asim khan sendiri memberikan referensi rangkaian buatannyasendiri.

    2.Periksa rangkaian Downloadernya. Jika masih tidak benar, anda bisa menambahkan rangkaian IC buffer pada downloader anda.
    3. coba cek apakah rangkaian minimum anda telah benar. Masalahnya biasa terjadi untuk Crystal yang tidak berkerja.
    4.coba gunakan untuk mikrokontroler keluarhga AVR,jika tidak bisa juga berarti rangkaian downloader anda silakan diperbaiki.


    terima kasih atas partisipasinya.

    BalasHapus
  3. saya newbe di mikro kang.. mau nanya bagaimana proses download program ke mikro lewat port serial(langkah - langkahnya), apakah sama seperti USB downloader dengan menggunakan Codevision?

    BalasHapus

Need Your Comments, Please !!!