Kamis, 18 Maret 2010

Sistem Minimum Mikrokontroler AVR ATMEGA8535

    Atmel salah satu vendor yang bergerak dibidang mikroelektronika,telah mengembangkan AVR (Alf and Vegard's Risc processor) Sekitr tahun 1997. Berbeda dengan mikrokontroler MCS51,AVR menggunakan arsitektur RISC (Reduce Instruction Set Computer) yang mempunyai lebar bus data 8 bit.
    Perbedaan ini bisa dilihat dari frekuensi kerjanya . MCS51 memiliki frekuensi kerja seperduabelas kali frekuensi kerja osilator sedangkan frekuensi kerja AVR sama dengan frekuensi kerja osilator. Jadi dengan frekuensi osilator. Jadi dengan frekuensi osilator yang sama,kecepatan AVR duabelas kali lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan MCS51. Secara umum AVR dibagi menjadi 4 kelas,yaitu Attiny,AT90Sxx,ATMEGA dan AT86RFxx. Perbedaannya hanya terletak pada fitur-fitur yang ditawarkan,sementara dri segi arsitektur dan set intruksi yang digunakan hampir sama.
(dikutip dari buku Pemrograman Bahasa C untuk Mikrokontroler ATMEGA8535 oleh M.Ary Heryanto,ST dan Ir.Wisnu Adi P.)

ATMEGA8535
    .Salah satu jenis mikrokontroler yang umum digunakan dari keluarga AVR ini adalah ATMEGA8535 dari kelas ATMEGA. Dibawah ini adalah salah satu tampilan untuk mikrokontro,er ATMEGA8535 yang terdiri dari 40 pin. Untuk melihat fungsi dari tiap-tiap pin dari ATMEGA8535 ini sebaiknya anda membaca langsung datasheetnya.
Gambar 1. Pin I/O Atmega 8535

    Dan untuk rangkaian Sistem Minimal dari ATMEGA8535 dapat anda lihat gambar 2.
Gambar 2. Sistem Minimum ATMEGA8535

    Dari gamabar kita bisa melihat jika PORT A akan kita hubungkan pada rangkaian LED yang akan kita buat.

Klik disini untuk download datasheet ATMEGA8535

0 comments:

Posting Komentar

Need Your Comments, Please !!!