Senin, 15 Maret 2010

Port Paralel DB25

Port Parallel banyak digunakan dalam berbagai macam aplikasi Interface. Port ini membolehkan kita memiliki masukan hingga 8 bit atau keluaran hingga 12 bit pada saat  yang bersamaan dengan hanya membutuhkan sedikit rangkaian eksternal sederhana untuk  melakukan suatu tugas tertentu. 

Port Parallel ini terdiri dari :
a. 4 Jalur Kontrol.
b. 5 Jalur Status.
c. 8 Jalur Data.

Port parallel terbaru yang distandarisasi dengan IEEE.1284 yang dikeluarkan pada tahun 1984, mendifinisikan 5 macam mode operasi sebagai berikut : 

1. Mode Kompatibilitas
2. Mode Nibble
3. Mode Byte
4. Mode EPP
5. Mode ECP

Tujuan Standarisasi ini adalah untuk mendesain driver dan perlatan yang baru sehingga  kompatibel dengan peralatan lainnya dan standard parallel port sebelumnya (SPP) yang  diluncurkan pada tahun 1981.

Mode Kompatibilitas, Nibble, dan Byte digunakan sebagai standard perangkat keras yang tersedia di port parallel original. Sedangkan untuk EPP dan ECP membutuhkan tambahan  hardware sehingga mampu bekerja dengan kecepatan tinggi.

Mode Kompatibilitas atau  sering disebut “Centronics” hanya dapat mengirimkan data pada arah maju (dari Host ke  device external) dengan kecepatan 50 Kbyte sampai 150 Kbyte perdetik. Untuk  menerima data harus diubah modenya menjadi mode Nibble atau Byte. Mode Nibble  dapat menerima data 4 bit (Nibble) sedangkan mode Byte dapat menerima data 8 bit (1  byte).

Gambar dibawah ini menunjukkan konfigurasi dari pin port parallel db25.

Gambar.1 Konfigurasi Pin DB25
untuk lebih jelasnya download file dibawah ini:
Prinsip Antarmuka
Paralel Port.PPT
Paralel-Port.zip
Paralel Port DB25

1 komentar:

Need Your Comments, Please !!!