Sabtu, 02 Juli 2011

Rangkaian Sensor Ketinggian Level Air||Rangkaian Sensor Level Air


Pada Postingan kali ini, Andiero akan berbagi Contoh Rangkaian Sensor Ketinggian Level Air atau Rangkain Pendeteksi Ketinggian Air.
            Sebelum berlanjut kepembahasan utama, Ada baiknya jika terlebih dahulu anda melihat Artikel-Artikel lainnya tentang Rangkaian Sensor yang telah saya Postingkan seperti:
  1. Rangkaian Sensor air
  2. Rangkaian Sensor Cahaya
  3. Rangkaian Sensor Suhu

Sama seperti contoh rangkaian sensor sebelumnya, Rangkaian Sensor Pendeteksi Ketinggian Level Air kali ini juga memamfaatkan Transistor Sebagai Saklar Otomatis dalam aplikasinya.
Hanya saja pada postingan kali ini, Transistor yang digunakan lebih dari satu. Karena Sensor Level Air Sederhana yang akan kita buat akan mendeteksi beberapa Level Ketinggian Air yaitu Rendah, Sedang dan Penuh.
Adapun Contoh Rangkaian Sensor Ketinggian Level Air adalah Sebagai berikut.

Gambar Rangkaian Sensor Ketinggian Level Air Sederhana

Prinsip Kerja Rangkaian Sensor Air Sederhana Diatas adalah Sebagai berikut:
Rangkaian Sensor Pendeteksi Ketinggian Air diatas terdiri dari tiga level yaitu Rendah, Sedang dan Penuh. Setiap Level akan ditunjukan oleh nyala LED berwarna Hijau, Kuning dan Merah.
Transistor kita gunakan sebagai Saklar Otomatis, jika permukaan air mengenai setiap kawat di tiap level maka arus akan lewat dan akan mengaktifkan saklar otomatis dan LED indicator akan menyala.
Dan jika Air telah benar-benar penuh maka ketiga LED tersebut akan menyala bersamaan yang menunjukkan jika Bak Penampungan telah benar-benar penuh terisi air. Untuk Meningkatkan kinerja rangkaian Level air tersebut, dapat juga anda tambahkan Buzzer sebagai Indikator jika Bak telah benar-benar penuh.


            Aplikasi dari rangkaian Sensor Level Air tesebut dapat beraneka ragam, penerapan yang paling sederhana adalah untuk Skla Rumah Tangga. Namun di tingkat Industri, Rangkaian Level Air tersebut Mungkin sudah tidak digunakan lagi. Namun bagi tingkat University, Rangkaian Sensor Level Air tersebut masih bisa dipakai untuk Praktek Mahasiswa.

Demikianlah Tutorial Elektronika yang dapat saya berikan kali ini. Jika ada pertanyaan dapat diajukan di kotak komentar.

Selamat Belajar dan tetap Semangat Bereksperimen!


Keyword: Contoh Rangkaian Sensor Ketinggian Level Air, Rangkaian Sensor Ketinggian Level Air, Sensor Ketinggian Level Air, Sensor Ketinggian Level Air, Sensor Level Air, Sensor Air,

8 komentar:

  1. transistor menggunakan type opo boss

    BalasHapus
  2. Bos, ini batre 9v yg min (-)nya kemana..?? ane nyoba ngerangkainy gagal..

    BalasHapus
  3. maaf benzkazama13...yang ground dalam elektronika itu ke negatif dan positif ke simbol 9 volt.

    Nb. Silakan baca lg materi tentang dasar elektronika!!! Untuk menunjang Ilmu Kita...
    Selamat belajar!

    BalasHapus
  4. Saya maumencoba rangkaian ini, cuma bisa tidak di tambahkan lagi rangkaian otomatisasinya, jadi ketika semua lampu menyala, dalam 1-3 menit lampu otmatis off. biar bisa menghemat energi thx_ mohon di tanggapi

    BalasHapus
  5. tansistronya bukannya harus yang PNP ya baru bisa nyala LED nya?
    Kalau tipe NPN gitu mana bisa nyala..

    BalasHapus
  6. transistornya tipe apa nih? o_O

    BalasHapus
  7. @Indra : Transistor Tipe NPN. 2N2222 . Fungsi Transistor disana hanya digunakan sebagai saklar otomatis saja. Bukan untuk penguat.

    BalasHapus

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang dapat memberikan Komentar terhadap Artikel ini.

Komentar yang cerdas adalah komentar yang dapat membangun dan bermakna.

Terima Kasih!!! Salam Kenal, Andiero.