Sabtu, 02 Juli 2011

Rangkaian Relay Holding

Setelah Belajar mengenai Rangkaian Relay Sederhana, Kali ini Andiero akan membahas contoh rangkaian lain dari penggunaan relay ini. Untuk Prinsip Kerjanya Mungkin dapat dibaca disini.
            Rangkaian Relay yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah contoh rangkaian relay holding atau penahan. Dalam beberapa project elektronika, Rangkaian Holding seperti ini sangat dibutuhkan. Silakan Lihat Aplikasi Relay di Blog http://Elektronika00.tk (RangkaianBel Kuis menggunakan Relay), pada aplikasi relay tersebut terdapat rangkaian holding.

            Nah, kali ini kita akan mencoba belajar sendiri penggunaan relay sebagai rangkaian penahan. Seperti biasanya, sebelum kita memulai membuat rangkaian relay penahan ini, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengumpulkan komponen elektronika yang kita butuhkan seperti berikut ini.
  1. Relay 5 Volt atau lainnya
  2. Baterai 9 volt
  3. Push Button NO dan NC
  4. Lampu atau LED indicator
Berikut ini contoh rangkaian holding relay sederhana yang dapat saya berikan, silakan:
Gambar Rangkaian Holding Relay

Pada Rangkaian Diatas, Belum terdapat Objek yang ingin di tahan, berikut ini contoh lainnya.

 Gambar Rangkaian Relay Holding

Prinsip Kerja Rangkaian Penahan Relay diatas kurang lebih sebagai berikut.
            Kedua gambar diatas sebenarnya memiliki prinsip kerja yang sama. Ketika Push Button SW1 (pada rangkaian pertama) dan SW3 (pada Rangkaian Kedua) kita Tekan maka relay akan aktif. Ketika Rangkaian Relay aktif itulah, arus akan melewati rangkaian lainnya tanpa melalui Push Button SW1 dan SW3 lagi tapi melalui relay itu sendiri sehingga terjadi proses penahan.
            Untuk memutus aliran listrik atau menonaktifkan relay, kita perlu menekan Button SW2 dan SW4. Untuk Jelasnya silakan Lihat Gambar berikut ini.
 
Gambar Leader Diagram untuk Rangkaian Holding

Demikianlah Tutorial Elektronika yang dapat saya berikan kali ini. Semoga dapat bermamfaat untuk kita semua.

Selamat Belajar dan Berekperimen!

NB. Untuk menghubungkan relay dengan tegangan jala-jala atau tegangan listrik rumahan sebaiknya diperkuat lagi rangkaiannya dengan menggunkan dioda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang dapat memberikan Komentar terhadap Artikel ini.

Komentar yang cerdas adalah komentar yang dapat membangun dan bermakna.

Terima Kasih!!! Salam Kenal, Andiero.